IMPLEMENTASI METODE SARISWARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SD
Keywords:
Metode Sariswara, Membaca PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SD melalui implementasi metode Sariswara. Metode Sariswara merupakan teknik pembelajaran yang memadukan penggunaan sarana visual dan audio untuk mempermudah siswa dalam memahami huruf, kata, dan kalimat. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK ini dilaksanakan di kelas II dengan total 8 orang subjek di salah satu SD Kabupaten Sleman pada Tahun Ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui pengamatan terhadap guru dan siswa, kuisioner berpikir kritis, kuesioner kemandirian belajar, dan wawancara dengan guru serta siswa. Diperoleh hasil perbandingan kemampuan membaca permulaan melalui metode sariswara pada siswa kelas 2 menunjukkan kenaikan dari Siklus I ke Siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I 76,3 kemudian di siklus II menjadi 83,1 sehingga naik 6,9. Nilai KKTP Bahasa Indonesia Kelas 2 adalah 75, maka di siklus I ada 3 anak belum tuntas KKTP dan di siklus II 2 anak belum tuntas KKTP namun mendekati tuntas. Karena ada peningkatan hasil belajar maka dapat disimpulkan metode sariswara berhasil diterapkan.Downloads
References
Ariyati, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 34.
Dani Setyawan, A., & Trisharsiwi. (2021). Analisis Integrasi Metode Sariswara Pada Mata Kuliah Karawitan. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1264–1268. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11135
Gustiawati, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fabel Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
QULUB, M. C., ALMADANI, C. M., LAILA, S. N., SADIAH, T. A., & SISWOYO, A. A. (2022). Penggunaan Media Lagu Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Satuan Panjang. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 135–143. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1378
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Ratnawati, R., & Angraeni, L. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu dan Media Audio Visual. Madaniya, 2(1), 79–86. https://doi.org/10.53696/27214834.40
Rohayati, R., & Budiarti, E. (2022). Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1715. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1715-1724.2022
Sakinah, A. N., Trisniawati, T., & Rhosyida, N. (2023). Penerapan Metode Sariswara untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III SD. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 1(2), 133–140. https://doi.org/10.62385/ijles.v1i2.67
Saktimulya, S. R., Nugroho, A., & Raharja, R. B. S. (2019). Implementasi Metode Sariswara Karya Ki Hadjar Dewantara pada Sekolah Dasar di Kecamatan Mergangsan Yogyakarta. Bakti Budaya, 2(1), 3. https://doi.org/10.22146/bb.45026
Salsabila, H. (2022). Metode Sariswara Sebagai Akomodasi Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Jurnal Basicedu, 2(2), 236–243. http://dx.doi.org/10.1016/j.asw.2013.04.001%5Cnhttp://journals.cambridge.org/abstract_S0140525X00005756%5CnLib scanned%5Cnhttp://www.br-ie.org/pub/index.php/rbie/article/view/1293%5Cnhttp://www-psych.nmsu.edu/~pfoltz/reprints/Edmedia99.html%5Cnhttp://urd.
Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50
Shandy, H. D. A., & Trilisiana, N. (2020). Implementasi Metode Sariswara Ki Hadjar Dewantara Dalam Membangun Kemerdekaan Jiwa Individu Anak. 3.
Syifak, M. (2018). Penggunaan Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas Ii Sdn Margorejo Iii / 405 Surabaya M . Syifak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1, No, 1–5.
Tjoe, J. L. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17–48.
Yunita Azmil Arofaturrohman, Darsinah, & Wafroturrohmah. (2023). Penggunaan Media Lagu dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Yang Inovatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7338–7345. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2994%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2994/2122
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.