ANALISIS FUNGSI DAN DISFUNGSI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DI SMP KABUPATEN KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15490Keywords:
sistem zonasi, implementasi kebijakan, fungsi dan disfungsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi kebijakan sistem zonasi SMP di Kabupaten Karanganyar, serta menganalisis fungsi dan disfungsi dari kebijakan sistem zonasi tersebut. Data penelitian diperoleh dari empat sekolah yakni SMPN 1 Karanganyar, SMPN 2 Karanganyar, SMPN 1 Karangpandan, dan SMPN 2 Karangpandan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana sumber data primer diperoleh dari observasi dan wawancara mendalam, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari hasil analisis beberapa artikel dan peraturan mengenai zonasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan kebijakan diperlukan strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang harus dilaksanakan secara kesinambungan. Sedangkan hasil analisis terhadap fungsi dan disfungsi menunjukkan bahwa implementasi kebijakan zonasi di SMP Kabupaten Karanganyar menimbulkan berbagai konsekuensi dalam bentuk dampak positif maupun dampak negatif. Dampak tersebut dirasakan oleh orang tua, peserta didik, dan sekolah.Downloads
References
Amalita, N., & Mudjiran. (2023). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku “Merdeka Belajar” Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 17(1), 78–85.
BPS. (2023). Angka Partisipasi Sekolah (APS) Menurut Provinsi, 2021-2023.
Karmila, M., Syakira, N., & Mahir. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Mappesona, 3(1).
Madiana, I., Alqadri, B., Sumardi, L., & Mustari, M. (2022). Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi serta Dampaknya terhadap Kesetaraan Hak Memperoleh Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 735–740. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.633
Maghfirah, D. A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah Tingkat SMA/SMK Negeri di Kota Mataram. 8(3), 215–222. https://doi.org/10.21831/sakp.v8i3.15862
Merton, R. K. (1968). Social Theory and Social Structure. Free Press.
Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nurlailayah. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1), 13–21. https://doi.org/10.30762/realita.v17i.1381
Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 38 Tahun 2021, tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama.
Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru PADA Jenjang Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuaran, atau Bentuk Lain yang Sederajat.
Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru PADA Jenjang Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuaran, atau Bentuk Lain yang Sederajat.
Raharjo, S. B., Yufridawati, Irmawati, A., & Purnama, J. (2020). Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Zonasi Pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id
Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2016). Teori Sosiologi dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Kreasi Wacana.
Salim, F. P., & Nora, D. (2022). Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi (Studi Kasus: Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar di Kecamatan Matur). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 67–77. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.20
Subianto, A. (2012). Kebijakan Publik Tinjauan Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi. Brilliant.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak Sistem Zonasi Bagi Sekolah Menengah Pertama. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, Vol. 5 No. 1, 10–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant. v4i4.375
Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi terhadap Mutu Sekolah dan Peserta Didik. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.46
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.