PENGARUH SUMBER BELAJAR INTERAKTIF POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PEKANBARU

Authors

  • Indah Silvia Universitas Riau
  • Gimin Gimin Universitas Riau
  • Supentri Supentri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15439

Keywords:

Learning Resources, PowerPoint, Learning Motivation

Abstract

This research is motivated by Interactive PowerPoint, which is included as a learning resource where interactive PowerPoint can make students active. This is because the Interactive Power Point contains slides containing PPKn learning material which not only contains material but also contains practice questions which are useful for measuring how successful this Interactive Power Point is. The advantage of this Interactive Power Point is that it doesn't use a lot of internet quota because it doesn't require streaming, the learning material is prepared concisely, clearly and interestingly, this interactive Power Point also hones students' abilities where students can learn independently so that learning can be carried out using a student learning center. This research method uses a quantitative experimental method using two classes, namely the control class and the experimental class.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, Nur. 2013. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Jurnal : Al-Ulum. Vol. 13, No. 1.

Amna Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal.

Andriani & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Jurnal Scholaria, Vol. 6, No.1, Januari 2016.

Anjarini, Y., 2010. Studi Korelasional Antara Kebiasaan Belajar, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Gugus Hasanudin Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Skripsi FKIP UKSW.

Fathurrahman, Muhammad, Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Sukses Offset.

Ibrahim, Nana sudjana. 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ichsan, H. B. M. (2015). Authentic Assessment with Nontest Technique in Primary School. Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 81–93

Kudsiyah. S. (2017). Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas Viiid Smpn1 Jabon. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol 05 Nomor 01 Tahun 2017

Mujiono, D., 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosmalina Asriningtyas. 2015. “Sikap Guru Terhadap Pelaksanaan Inklusif di SD Inklusif Se-Kabupaten Purbalingga”. Skripsi. Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rusman, 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Saida, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Sardiman, A.M., 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial (A. Gunarsa (ed.)). PT Refika Aditama

Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriadi. 2015. “Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran”, Jurnal: Lantanida Journal. Vol. 3, No. 2..

Surat Edaran Dinas Pendidikan Provinsi Riau Nomor 800/Disdik/1.3/2021/11054 tantang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA/SMK/SLB Pada masa pandemi Covid 19 Tahun Ajaran 2021/2022

Surjono, H.D., 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pengembangan. [online] Available at: .

Warkintin dan Yohanes. (2019). Pengembangan Bahan Ajar CD Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Scholara. Vol. 9 No. 1, Januari 2019

Yohanes Joko Saptono. 2016. Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen.

Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–7.

Downloads

Published

2024-08-25