MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA TAKALINTAR PADA MATERI OPERASI PERKALIAN BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 14 BONGOMEME
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15063Abstract
ABSTRACT Low student learning outcomes in mathematics learning, especially in whole number multiplication operations. This research aims to improve students' mathematics learning outcomes through the STAD type cooperative model assisted by takalintar media in the material on the operation of multiplication of whole numbers for class IV SDN 14 Bongomeme. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The results of research from 16 students showed that in cycle 1 the learning outcomes of students who reached the minimum completeness criteria were 9 students with a percentage of 56%. This result has not yet reached the specified performance indicator criteria, namely 80%, so it is continued in the next cycle, namely cycle 2. In cycle 2, 14 students achieved the minimum completeness criteria with a percentage of 88% and had achieved the specified performance indicator criteria. Keywords: learning outcomes, STAD type cooperative model, takalintar media ABSTRAK Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khusunya materi operasi perkalian bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model kooperetif tipe STAD berbantuan media takalintar pada materi operasi perkalian bilangan cacah kelas IV SDN 14 Bongomeme. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian dari 16 siswa menunjukkan bahwa pada siklus 1 hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 9 siswa dengan persentase 56%. Hasil ini belum mencapai kriteria indikator kinerja yang ditetapkan yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya yakni siklus 2. Pada siklus 2 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 14 siswa dengan persentase 88% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang telah ditetapkan. Kata Kunci: hasil belajar, model kooperatif tipe STAD, media takalintarDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Angriani, N., Syam, H., & Wahyudi, A. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Takalintar Pada Materi Perkalian Siswa Kelas V SD Negeri Kaluku Bodoa. 1(2), 239–246.
Aries, N. S., Dassa, A., & Ihsan, H. (2018). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. 1–12.
Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 163-183.
Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kusumaningsih, H. (2022). Cooperative Learning Model STAD Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Martubung, S. D. N. (2022). Pengaruh Media Takalintar terhadap Keterampilan Operasi Hitung Perkalian pada Siswa Kelas IV SDN 066657 Martubung. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 277–287.
Marshanawiah, A., Ningsih, S., Alwi, N. M., Nurdiyanti, A., & Dukei, N. (2023). Pengembangan Media E-Tangram Geometri Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4).
Rumiyati. (2021). Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Sipayung, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 067246 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Quality).
Sutriyani, W., & Widiyono, A. (2023). Konsep Dasar Matematika. Jepara: Unisnu Press.
Syam, N., Sukmawati., & Ernawati (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nht Berbantuan Alat Peraga Takalintar Tabel Perkalian Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SD Negeri 14 Turatea. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 267- 269.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.