ANALISIS MATERI FIKIH IBADAH DI PERGURUAN TINGGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14974Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis materi Fikih Ibadah semester II pada jenjang Perguruan Tinggi di Fakultas Syari’ah dan Hukum Program Studi Hukum Keluarga Islam UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif, yakni menganalisis isi materi atau topik kajian yang terdapat dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Peneliti berusaha untuk menganilis dan mengkaji RPS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui dokumentasi. Sementara itu, untuk analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) melalui Teknik analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RPS yang ada perlu untuk diperbaiki khususnya pada tujuan pembelajaran, melihat bahwa kemampuan kognitif heararki hanya pada satu kata operasional yaitu menjelaskan. Kata menjelaskan sunggguh sangat sederhana, karena kata seharusnya untuk jenjang MI/SD, sedangkan di jenjang perguruan tinggi hierarki kognitifnya harus lebih tinggi, yaitu menggunakan kata kerja operasional menganalisis, menilai, dan menciptakan. Selain itu, adanya ketidaksesuaian alokasi waktu dengan jumlah kajian topik di setiap materinyaDownloads
References
Ade Dedi Rohayana, T. R. (2022). Fikih Ibadah Sebagai Pengantar (Cetakan 1). Pekalongan: PT.Nasya Expanding Management.
Amir Syarifudin. (2003). Garis-Garis Besar Fikih (Cetakan Ke). Jakarta: Kencana.
Asep Rudi Nurjaman. (2020). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Deala Rosyida. (2023). Pedoman Fikih Ibadah Lengkap. Makasar: Anak Hebat Indonesia.
Kawakip, N. (2016). DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM (PTU) DI KOTA MALANG. 4(1), 1–23.
Khasan Bisri. (2021). Karakteristik Materi PAI Pada Berbagai Sistem dan Jenjang Pendidikan. Indonesia: Nusa Media.
Mansir, F. (2021). Analisis model-model pembelajaran fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212
Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. 747–758. https://doi.org/10.53695/SINTESA.V1I1.405
Sakinah, I. F., Hermawan, W., & Fakhruddin, A. (2019). RELEVANSI MATERI AJAR MATA KULIAH FIQIH IBADAH PADA PRODI IPAI UPI DENGAN MATERI AJAR FIQIH MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI Oleh: Irma Fitri Sakinah, Wawan Hermawan 1 & Agus Fakhruddin 2. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 17(1), 49–60.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Taufik Abdullah, dkk. (2004). Ensiklopedi Tematis Dunia Islam. In Ajaran Fikih Ibadah. Ichtiar Baru Van Houve.
Usman, & Azhari, S. D. (2023). Muatan Fiqh Ibadah Dalam Kajian Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran , 6(2), 230–238. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/17940
Zubaidillah, M. H. (2018). Analisis Mata Pelajaran Fikih Kelas X Materi Zakat Dan Hikmahnya Di Madrasah Aliyah. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 18(2), 199–210. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v18i2.63
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.