ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SKI KELAS IV MIN 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Edo Bramesta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakart
  • Muh. Wasith Achadi PAI FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11007

Keywords:

Kurikulum Merdeka, SKI, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Kurikulum menjadi bagian yang penting dalam keberlangsungan proses belajar dan mengajar. Sehingga pendidikan jika tidak menggunakan kurikulum dalam sistem pembelajarannya maka akan berjalan tidak konsisten. Terdapat tiga fokus pembahasan dalam penelitian ini yakni penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ski terkhusus materi kepribadian nabi muhammad saw, faktor pendukung dan penghambat, serta solusi dari probelem penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran SKI kelas IV di MIN 1 Sleman. Subjek penelitiannya adalah guru Sejarah Kubudayaan Islam di MIN 1 Sleman. Hasil penelitian ini menunjukan pengimplementasian kurikulum merdeka pada mata pelajaran SKI sudah berjalan dengan baik. faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka di lapangan, yaitu (1) penganggaran yang jelas dari pemerintah daerah untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, (2) koordinasi yang baik dari pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi dengan pemerintah pusat dalam pengadaan sarana pembelajaran dan pelatihan, perencaan yang baik, dan (3) ketersediaan sarana pembelajaran lainnya seperti LCD dan sambungan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Et Al. “Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (Mi) (Studi Analisis Kebijakan Kma Ri No. 347 Tahun 2022).” Journal Of Creative Student Research (Jcsr), Vol. 1, No. 1, 2023, Pp. 99–116.

Asadullah, M. Niaz, And Maliki. “Madrasah For Girls And Private School For Boys? The Determinants Of School Type Choice In Rural And Urban Indonesia.” International Journal Of Educational Development, Vol. 62, No. 2020, 2018, Pp. 96–111, Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijedudev.2018.02.006.

Fathiha, Nuril, And Muh Wasith Achadi. “Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Ski Di Min 4 Ponorogo.” Journal Islamic Pedagogia, Vol. 3, No. 1, 2023, Pp. 54–63, Https://Islamicpedagogia.Faiunwir.Ac.Id/Index.Php/Pdg/Article/View/89.

Fathurrohman, Amang, Et Al. Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Madrasah Tingkat Dasar Di Kabupaten Pasuruan. No. 1, 2020, Pp. 87–88.

Hamida, Nurul Atik, Et Al. Implementasi Teori Meaningfull Learning David Ausubel Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Abstrak. No. 4, 2022, Pp. 1386–400, Https://Doi.Org/10.35931/Am.V6i4.1294.

Hidayah, Nurul, Et Al. Global Education Analisis Sistem Pembelajaran Full Day School Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sd Luqman Al Hakim Ngawi Tahun. No. 4, 2023, Pp. 99–113.

Hidayat, S., And A. Rahim. “Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Erlangga Dengan Silabus Kurikulum 2013.” Jurnal …, Vol. 7, 2023, Pp. 1868–73, Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=3450601&Val=13365&Title=Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Erlangga Dengan Silabus Kurikulum 2013.

Nuriawati, Nuriawati, And Muh. Wasith Achadi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Al-Qur'an Hadis Di Man 3 Sleman Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Sultan Agung, Vol. 3, No. 2, 2023, P. 144, Https://Doi.Org/10.30659/Jp-Sa.3.2.144-152.

Rohman, M., And S. Ramah. “Analisis Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah.” … Ulum Journal Of Islamic …, Vol. 1, No. 1, 2023, Pp. 97–114, Https://Journal.Stitbustanululum.Ac.Id/Index.Php/Bujie/Article/View/23%0ahttps://Journal.Stitbustanululum.Ac.Id/Index.Php/Bujie/Article/Download/23/13.

Silvia, Eva Dwi Endah, And Feri Tirtoni. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata.” Visipena, Vol. 13, No. 2, 2023, Pp. 130–44, Https://Doi.Org/10.46244/Visipena.V13i2.2230.

Tahsinia, Jurnal, Et Al. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( Ski ) Pada Kelas Iv Mi Hidayatul Muta ’ Alimin Kota. Pp. 108–16.

Udhi Fachrudin Stai Binamadani, 2016. “Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Yudhi Fachrudin.” Yudhi Fachrudin Stai Binamadani, 2016, Pp. 1–23.

Wijayanti, Inggit, And Intan Nur Ngazizah. “Kesıapan Madrasah Mengımplementasıkan Kurıkulum Merdeka Di Min 2 Bantul.” Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 6, No. 2, 2023, Pp. 384–97, Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i2.5403.

Zakiyah, N., And M. W. Achadi. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Piloting Min 2 Bantul Yogyakarta.” Raudhah Proud To Be Professionals, 2022, Pp. 229–38, Http://Ejournal.Stitru.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Article/View/221%0ahttps://Ejournal.Stit-Ru.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Article/Download/221/137.

Downloads

Published

2023-11-24