PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE BERBASIS RADEC KELAS IV SD

Authors

  • Aulia Mutia Ningsih Universitas Negeri Padang
  • Ari Suriani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14789

Keywords:

Bahan Ajar, Flip PDF Corporate, Menulis Teks Narasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar yang tersedia di sekolah serta bahan ajar yang kurang bervariasi yang hanya terfokus pada penggunaan buku paket saja. Penggunaan teknologi sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran masih jarang dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks narasi menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate berbasis RADEC di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Proses penelitian menggunakan model ADDIE ini terdiri dari lima langkah yaitu: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek uji coba di SDN 20 Koto Langang dan subjek penelitian di SDN 26 Pelangai Kecil. Hasil dari validasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 94,6%. Respon guru dan peserta didik di sekolah uji coba rata-rata 94,28% dan 97,29%.  Persentase respon guru dan peserta didik di sekolah penelitian dengan nilai rata-rata 97% dan 94,89%. Rata-rata hasil uji efektivitas di sekolah uji coba yaitu 83,93% dan di sekolah penelitian yaitu 90,93%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, V. A., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flip PDF Coorporate pada Materi Media KomunikasiKehumasan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2219-2232.

Anggraeni, W. P., Puspasari, D., Pendidikan, S., Perkantoran, A., & Surabaya, U. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Penanganan Telepon. 6, 14825–14836.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Interaktif. Jawa Tengah: Fatawa Publishing.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403.

Lestari, I. D., Haryadi & Hamdan, T. A. 2022. Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Model RADEC Pada Subtema “Manfaat Energi” Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 71-76.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Amalia, D. A. (2020). Analisis ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2, 311–326.

Magdalena, Ina et al. 2020. “Analisis Bahan Ajar.” Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2): 311–26.

Pohan, A.A., Yunus, A., & Andoyo, S. 2020. Model Pembelajaran RADEC Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa. 250-258.

Ramayani, F. D., Damaianti, V. S., Indonesia, U. P., & Barat, J. (2022). PRIMARY : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume11 Nomor 3 Juni 2022 Problematika Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Selama Pandemi Covid-19 Elementary School Teacher ’ s Problem In Writing Narrative Text During Covid-19 Pande. 11, 796–805.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktik. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Suriani, A., Febriani, R. D., Rulef, R. P., Anggraini, D., Alfarraz, F. M., & Putri, S. M. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Guna Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan Di SDN 01, 02, 03 Balai Panjang. Human: Journal of Community and Public Service, 2(2).

Tulljanah, R., & Amini, R. 2021. Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508-5519.

Wibowo, E. (2018). Development of e-module teaching materials using the Kvisoft Flipbook Maker application.

Yani, R. R., Ariyani, F., & Rusminto, N. E. (2020). Pengembangan Skenario Pembelajaran Teks Narasi dengan Model Discovery Learning untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 8(2 Sep).

Downloads

Published

2024-06-11