MENCETAK GENERASI GEMILANG MELALUI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI APLIKASI QUIPPER SCHOOL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Alifia Shafira Ramadhani UINSA
  • Irma Soraya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14659

Keywords:

Kata Kunci: Perkembangan Teknologi, Quipper School, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berfungsi untuk menjawab keresahan pendidik dan orang tua terkait kesulitan mereka untuk memasukkan materi kepada peserta didik. Hal ini dikarenakan beberapa dari peserta didik yang menolak materi dari pendidik karena mereka merasa cara penyampaian pendidik terlalu tradisional. Oleh karena itu peneliti berusaha  merubah dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran E-Learning. Penelitian kali ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti lebih fokus untuk menjelaskan gambaran perbedaan antara sebelum siswa tersebut menggunakan aplikasi Quipper School dan setelah menggunakan aplikasi Quipper School. Berdasarkan penelitian ini, Quipper School cukup berpengaruh dalam tingkat kenyamanan belajar siswa. Siswa menjadi lebih rileks ketika belajar dan hal ini cukup mempengaruhi pemahaman siswa. Dengan lebih mudah memahami materi pembelajaran, siswa lebih mudah juga mengaplikasikan materi pembelajaran yang positif pada perilaku dan etika siswa sehari-hari ketika bermasyarakat. Selain itu, nilai dari mereka juga lumayan meningkat. Tetapi stabilitas peningkatan tersebut bergantung kembali dari setiap individu siswa masing-masing. Abstract : This research serves to answer the concerns of teacher and parents regarding their difficulties in providing material to students. This is because some students reject the teacher's material because they feel the teacher's delivery traditional methods. Therefore, researchers are trying to change from conventional learning to E-Learning. This research uses a qualitative descriptive research method because the researchers are focused on explaining the differences between before the students used the Quipper School application and after using the Quipper School application. Based on this research, Quipper School is quite influential in students' learning comfort levels. Students become more relaxed when studying and this has impact on student understanding. it is also make easier for students to apply positive learning material to they’re daily behavior when in society. Apart from that, their value has also increased quite a bit. But the stability of this increase depends again on each individual student.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beam, P.,Breaking the Sprinter’s Wrist:Achieving Cost-Effectiveness in Online Learning. Paper presented at the International Symposium on Distance Education and Open Learning, organized by MONE Indonesia, IDLN, SEAMOLEC, ICDE, UNDP, and UNESCO Tuban, Bali, Indonesia, 1997

Bullen, M., E-Learning and the Internationalization Education, Malaysia, Malaysia: Journal of Educational Technology 1(1), 2001

Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Strategi Pembelajaran, dan Pemilihannya, Jakarta : Dirjen Tenaga Kependidikan, 2008

Elangovan, T., Internet Based On-Line Teaching Application with Learning Space. Paper presented at the International Symposium on Distance Education and Open Learning organized by MONE Indonesia, IDLN, SEAMOLEC, ICDE, UNDP and UNESCO, Tuban, Bali, Indonesia, 1999

Khoe, Yao Tung, Pendidikan dan Riset di Internet, Jakarta: Dinastindo, 2000

Koran, Jaya Kumar C, Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malaysia, 2002

Kusuma, W., Mengenal Sistem Pembelajaran E-Learning Quipper School. Retrieved from: https://www.wirahadiary.com/2015/03/sistem-pembelajaran-elearning-quipper -school.html. Diakses tanggal 9 November 2015, 2015

Majid, Abdul, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004

Miarso, Y., Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004

Muhaimin, Konsep Pendidikan Islam, Solo : Ramadhan, 1991

Rahmawati, R., & Sumaryati, S., Keefektifan Penerapan E-Learning Quipper School Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA 2

Rosenberg, M., E-Learning: Strategis for delivering knowledge in the digital age, New York: McGraw-Hill, 2001

Soekartawi, Prinsip Dasar E-Learning : Teori dan Aplikasinya di Indonesia, Jurnal Teknodik, Edisi no. 12/VII/Oktober/1999, 1999 Surakarta. Tata Arta I(1), 8-13, 2015

Tim Pengembang Quipper School. Diakses dari https://indonesia.quipperschool.com/, 2014

Downloads

Published

2024-06-20