MEDIA PEMBELAJARAN INOVASI TEKNOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIPPER SCHOOL DI MAN 1 MOJOKERTO

Authors

  • Muhammad Rasyid Ridho Al Falaqi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Soraya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Quipper School, Media Pembelajaran, E-Learning.

Abstract

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam metode penelitian ini, yang dapat diartikan sebagaipendekatan yang menafsirkan dan menggambarkan informasi yang diperoleh sesuai dengan kondisi lapangan dan tidak dapat dicapai denganmetode statistik atau metode kuantifikasi. Pemanfaatan pembelajaran daring dapat memudahkan interaksi antara guru dengan siswa atausesama siswa, serta memudahkan penempatan materi pembelajaran dan tugas siswa di lokasi guru yang telah ditentukan pada aplikasi yangtersedia bagi siswa. Guru dapat menggunakan banyak aplikasi media pembelajaran berbasis web, termasuk aplikasi Quipper School. QuipperSchool adalah aplikasi online yang dapat menjadi sarana pembelajaran antara guru dan siswa. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang dapatmembantu guru dalam proses belajar mengajar dan mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Dengan adanya aplikasi ini membantumembuat masalah pembelajaran yang sebelumnya monoton menjadi menarik dan tidak membosankan bagi siswa dan siswa dapat menjadiaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S.

Dewi, “Pengertian Pendidikan,” J. Pendidik. Dan

Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 1707–1715, 2022.

A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina,

and Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu

Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul

Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–8,

D. P. Tampubolon, “Perguruan Tinggi Bermutu:

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi

Menghadapi Tantangan Abad ke-21,” PT. Gramedia

Pustaka Ilmu, vol. XX, no. 4, pp. 345–346, 2001.

A. Djamaluddin and Wardana, Belajar Dan

Pembelajaran. 2019.

M. Hasan, Milawati, Darodjat, H. Khairani, and T.

Tahrim, Media Pembelajaran. 2021.

S. Wahyudi, Efendi, D. Amelia Chandra, and A.

Lubis, “Creating Interactive Learning Media On The

Adobe Animate 2021 Application As A Means Of

Learning Graphic Design At SMA Negeri 3 Tambusai

Utara,” J. Ict Apl. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 86–90, 2022,

doi: 10.56313/jictas.v1i2.194.

R. Putri, “Pengaruh Kebijakan Perubahan Kurikulum

Terhadap Pembelajaran Sekolah,” Pendidik. Seni

Rupaupa, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2019.

Mohamed Nazul Ismail, an Pembelajaran Digital,

vol. 3, no. 1. 2020.

R. T. Setiawardhani, “Pembelajaran Elektronik (ELearning) dan Internet dalam Rangka

Mengoptimalkan Kreatifitas Belajar Siswa,” J.

Ilm.Pendidik. Ekon., vol. 1, pp. 82–96,

, [Online].Available:

https://media.neliti.com/media/publications/27

- pembelajaran-elektronik-e-learningdan-i- 6d446601.pdf.

I. Magdalena, A. Ramadhanty Wahidah, G.

Rahmah, and S. Claudia Maharani,

“Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan

Karakter Siswa Kelas 1 Sd Negeri

Pangadegan 2,” PENSA J. Pendidik. dan Ilmu

Sos., vol. 2, no. 3, pp. 376–392, 2020,

[Online]. Available:

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.

J. Tata, A. Uns, D. I. Sma, and N. Surakarta, “= 2,825

> T,” vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2015.

W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning

sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik.

Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016.

A. Amelia, “Penggunaan Aplikasi Quipper

School Dalam Meningkatkan Minat Belajar

Peserta Didik,” J. Insturksional, vol. 3, no. 2,

pp. 180–186, 2022.

J. W. Creswell, John W. Creswell’s Research

Design 3rd Ed. 2009.

Y. Supriani, “Quipper School Sebagai Media

Pembelajaran Berbasis Teknologo Informasi,”

J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 168-

,2013.

Downloads

Published

2024-08-19