PERKEMBANGAN MANUSIA DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI DAN AL-QUR’AN

Authors

  • Husnul Khotima UIN Raden Fatah Palembang
  • Humairo Oktariani UIN Raden Fatah Palembang
  • Neng Aisyah UIN Raden Fatah Palembang
  • Kasinyo Harto UIN Raden Fatah Palembang
  • Amilda Amilda UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14540

Keywords:

human development, psychology, qur’an

Abstract

The human creation of god has a perfect form in relation to his other creatures. Human development is essentially a fixed pattern with which each individual in general is a development that involves growth from the stage of conception down to the length of one's life span. The Koran contains several scriptures that show human development. Therefore the "development" of the Koran will be tried to compare with the discipline of psychology, the purpose of this study is to know the phases of human development in the psychology and the qur 'an. The study is a study of literature, where resources are derived from various literature relating to human development. The result of this study is that human development is characterized by physical changes and human attitudes, which are associated with several aspects of human development, and in qur 'an studies, suggests that it influences human development in the environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Mujid dan Yusuf Mudzakir, Nuansa Nuansa PsikologiIslam. Jakarta: Grafindo dan Persada, 2002.

Abu Bakar dan Ngalimun. Psikologi Perkembangan (Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak). Yogyakarta: K-Media, 2019.

Agoes Dariyo. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama, 2011.

Agus Abdurrahim Dahlan. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Jumanatul Ali Ar, 2016.

Ahmad, Jumal. “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis).” Jurnal Analisis Isi 5, no. 9 (2018): 1–20. https://www.academia.edu/download/81413125/DesainPenelitianContentAnalysis_revisedJumalAhmad.pdf.

Arifin. “P.” In Psikologi Agama. Yogyakarta: Pustaka Setia, 2015.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta, 2014.

Azis, Nur. “Fitrah Dan Implikasinya Dalam Teori Perkembangan Manusia Menurut Al Qur’an Dan Hadits,” no. 15 (2016): 1–23.

Baharuddin dan Moh. Makin. Pendidikan Humanistis Konsep Teori dan Aplikasi Praktis Dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

D. A, RI. Mushaf Al-Maqbut Alquran Dan Terjemahannya Edisi 1000 Doa. Jakarta: Cahaya Cretiva, 2020.

Elizabeth B Hurlock. Child Development. New york: Mc Graw Hill, 1987.

Enung Fatimah. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia, 2018.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis. Teoretis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian (Edisi Revisi).

Hanafi, Imam. “Perkembangan Manusia Dalam Tinjauan Psikologi dan Al-Qur’an.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 01 (1970): 84–99. doi:10.37542/iq.v1i01.7.

Hapzi Ali. Nandan Limakrisna. Metodologi Penelitian ( Petunjuk Praktis Untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Harun Nasution. Islam Rasional. Jakarta: LASF, 1989.

Hidayat, Bahril. “Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini Menurut Psikologi Agama dan Neurosains.” Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education 2 (2017): 60.

Ismail, Syarifah. “Tinjauan Filosofis Pengembangan Fitrah Manusia dalam Pendidikan Islam.” At-Ta’dib 8, no. 2 (2013). doi:10.21111/at-tadib.v8i2.510.

John W. Santrock. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 2017.

K. Eileen Allen. “K. Eileen Allen.” In Profil Perkembangan Ana. Jakarta: Indeks, 2010.

Kristaiana, Rahmawati dan Heni. Psikologi Perkembangan (Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak). Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung., 2022.

Kurniawati, Eka, dan Nurhasanah Bakhtiar. “Manusia Menurut Konsep Al-Qur`an dan Sains.” Journal of Natural Science and Integration 1, no. 1 (2018): 78–94. doi:10.24014/jnsi.v1i1.5198.

Mappanyompa, Hidayatussaliki, Mappanyompa, Hidayatussaliki. “Psikologi Perkembangan Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI 6, no. 2 (2021): 31. doi:10.31764/ibtidaiy.v6i2.6300.

Miranda, Setia, Kamaluddin Kamaluddin, dan Fitriani Fitriani. “Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam dan Kristen.” Anwarul 3, no. 5 (2023): 1143–52. doi:10.58578/anwarul.v3i5.1794.

Mukhlis. “Fase-Fase Perkembangan Manusia Dalam Islam Dan Relevansinya Terhadap Pemikiran Muhammad Izzuddin Taufiq.” TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2022): 236–55.

Mursid. Kurikulum dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebuah Harapan Masyarakat. Aktif Media. Semarang, 2009.

Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Noer Rahmah. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2012.

Nurdin, A. (2021). Manusia Dalam Al-Qur'an: Sebuah KajianTentang Fase Kehidupan Individu Dalam Menghadapi Dinamika Perkembangan Umat. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, 5(01), 133-156.

Pusparani, Mellysa. “Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 2, no. 4 (2021): 534–43. doi:10.31933/jimt.v2i4.466.

Putrihapsari, Raras, dan Puji Yanti Fauziah. “Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini pada Ibu yang Bekerja : Sebuah Studi LiteraturPutrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini pada Ibu yang Bekerja : Sebuah Studi Literatur. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 127–136. .” VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF 15, no. 2 (2020): 127–36.

Redhatul Hayati, dan Jamilus. “Fase Perkembangan Manusia dalam Pendidikan Islam Ditinjau Dari Al-Qur’an dan Hadits.” Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan 1, no. 2 (2023): 30–37. doi:10.61292/cognoscere.v1i2.93.

rif‟at syauqi nawawi. Konsep Manusia Menurut Al-Quran Dalam Metodologi Psikologi Islam. Yogyakarta: Ed. rendra pustaka belajar, 2000.

Rifa Hidayah. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN Malang, 2009.

Sofia, Chairunnisa, dan Nuri Sadida. “Hubungan Antara Orientasi Religius Dengan Motivasi Mengekspresikan Prasangka Di Media Sosial.” Jurnal As-Salam 5, no. 1 (2021): 53–61. doi:10.37249/assalam.v5i1.249.

Syamsul Yusuf. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosida Karya, 2021.

Tuiskal. Usiaku Usdah 40 Tahun. Jakarta: CV. Rumaysho, 2017.

Yasir, M., & Jamaruddin, A. Studi Al-Qur’an. Riau: J. Arni, 2016.

Yazid. Perintahkan Keluargamu Untuk Mendirikan Shalat. Jakarta: Grafindo dan Persada, 2023.

Zaki, Ahmad Aisy, dan Nida’ul Munafiah. “Psikologi Perkembangan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 6, no. 02 (2022): 30–37. doi:10.35706/wkip.v6i02.8881.

Downloads

Published

2024-08-20