PROTOTIPE PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS SDGs POIN KE-7 UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ENERGI

Authors

  • Indah Suci Permatasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Akhmad Nugraha PGSD Kampus Daerah Tasikmalaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agnestasia Ramadhani Putri PGSD Kampus Daerah Tasikmalaya Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

E-LKPD, Prototipe, Desain, Suistainable Development Goals, SDGs poin ke-7

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) yang memfasilitasi berpikir kritis siswa pada materi energi telah banyak dikembangkan untuk digunakan di kelas IV SD, namun belum banyak E-LKPD yang berbasis SDGs terutama poin ke-7. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan adalah untuk menciptakan produk E-LKPD berbasis SDGs poin ke-7 yang memfasilitasi berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah mix methods. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dan model pengembangannya yaitu model ADDIE dengan tahapan  yang dilakukan pada penelitian ini yaitu tahap analysis, design, dan development. Data yang dikumpulkan menggunakan lembar validasi, wawancara, dan studi dokumen. Pengembangan E-LKPD ini melibatkan ahli materi, bahasa dan media sebagai bentuk penilaian validasi layak atau tidaknya produk yang dikembangkan untuk diterapkan di sekolah dasar. nilai validasi aspek materi adalah 84% (sangat layak), nilai validasi aspek bahasa 76% (sangat layak), nilai validasi aspek media 95% (sangat layak) dan mendapatkan skor keseluruhan rata-ratanya adalah 85% dengan kategori sangat layak. Hasil dari penelitian pengembangan produk E-LKPD berbasis SDGs poin ke-7 ini sudah termasuk dalam kriteria valid dan layak. Sehingga dapat diimplementasikan di kelas IV SD. Kata Kunci: LKPD Elektronik, Prototipe, Suistainable Development Goals

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah Mira, Sulianto Joko, & Cintang Nyai. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Bainus, A., & Rachman, J. B. (2018). Editorial: Sustainable Development Goals. Intermestic: Journal of International Studies, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/intermestic.v3n1.1

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Dr. Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=IeVNDwAAQBAJ

Dr. Mondry, SP. , M. Sos. (2023, February). Isu-Isu Lingkungan. Https://Sdgs.Ub.Ac.Id/Isu-Isu-Lingkungan/.

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD berbantuan Liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proceeding Umsurabaya, 1(1).

Lestari, N. D., Hermawan, R., & Heryanto, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powtoon untuk pembelajaran tematik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 33–43.

Okpatrioka, O. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Palupi Retno Fidyanti. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS MULTIMEDIA GUNA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Phia Herawati, E., & Gulo, F. (n.d.). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP MOL DI KELAS X SMA.

Rahmawati R. (2021). Pengembangan media Ular Tangga dalam penguasaan simple English vocabular.

Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197–208.

Sukorini, P., & Purnomo, T. (2019). Kelayakan dan Kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Melatihkan Keterampilan Penyelesaian Masalah pada Submateri Daur Ulang Limbah Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(1).

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1256–1268.

Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanto, X. A., Nurhajati, L., Tinggi, S., & Komunikasi, I. (2019). Framing Media Online atas Pemberitaan Isu Lingkungan Hidup Dalam Upaya Pencapaian Keberhasilan SDGs Indonesia. Jurnal Lugas, 14(1), 14–23. http://ojs.stiami.ac.id

Zulyadaini, Dr. (2017). A Development of Students’ Worksheet Based on Contextual Teaching and Learning. IOSR Journal of Mathematics, 13(01), 30–38. https://doi.org/10.9790/5728-1301033038

Downloads

Published

2024-06-12