IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14497Keywords:
Differentiated Learning, Problem Based Learning, and Critical Thinking SkillsAbstract
ABSTRACT The aim of this research is to describe the implementation of differentiated learning using the Problem Based Learning (PBL) model in improving students' critical thinking skills in learning Mathematics of fifth-grade students in SDN Gendongan 01. The hypothesis of this research is that the implementation of differentiated learning using the Problem Based Learning (PBL) model can improve students' critical thinking skills in learning Mathematics of fifth-grade students in SDN Gendongan 01. This research is classroom action research with research subjects of 27 students. Research procedures include pre-cycle, cycle I, and cycle II. Data collection methods include interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses descriptive analysis of research data. The research results show that the implementation of differentiated learning using the Problem Based Learning (PBL) model in improving students' critical thinking skills in learning Mathematics of fifth-grade students in SDN Gendongan 01. This can be seen from students' critical thinking abilities which have increased from pre-cycle conditions with a completion percentage of 26% in the very low category, cycle I with a completion percentage of 44% in the low category and at the end of cycle II to 81% in the high category. Based on the results of this classroom action research, it can be concluded that the implementation of differentiated learning using the Problem Based Learning (PBL) model in improving students' critical thinking skills in learning Mathematics of fifth-grade students in SDN Gendongan 01. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SDN Gendongan 01. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SDN Gendongan 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa. Prosedur penelitian meliputi pra siklus, siklus I, dan siklus II. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif data hasil penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SDN Gendongan 01. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan berpikir kritis siswa yang meningkat dari kondisi pra siklus dengan persentase ketuntasan 26% dengan kategori sangat rendah, siklus I dengan persentase ketuntasan 44% dalam kategori rendah dan pada kondisi akhir siklus II menjadi 81% dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SDN Gendongan 01.Downloads
References
Avandra, Ricky. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.
Nurkhasanah, Dewi. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.