PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18240Keywords:
Motivation, Cooperative, STAD, Learning outcomesAbstract
This research aims to increase motivation and learning outcomes in mathematics subjects in the teaching and learning process in the classroom. The method used in the research is classroom action research (PTK). The type of PTK used is collaborative, and is implemented at SD Negeri 06 Salatiga. The research results obtained were that in Cycle I, the application of STAD type cooperative learning showed that the results of the student motivation questionnaire analysis were in the "good" category with a percentage of 76%, with an average student score of 81.7, while in Cycle II, the application of cooperative learning The STAD type shows an increase in student motivation which is in the "very good" category with a percentage of 87.5%, with the average score of students in this cycle increasing to 94.8. Thus it can be concluded that the STAD type of cooperative learning is effectively used to increase motivation and learning outcomesDownloads
References
Ali, Muhammad. 1987. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: C.V Sinar Baru.
Anas, Muhammad. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hanafiah & Cucu S. 2009. Konsep Strategi Pengajaran. Bandung: PT. Refika Adiatma.
Hasibuan, A. M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021. AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING.
Hayati, H. (2019). Model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD dalam pelajaran matematika untuk meningkatan motivasi dan prestasi belajar. Annals of Mathematical Modeling.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Indrawati, N. L. G. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education Action Research.
IRAWAN, D. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SD/MI (penelitian tindakan kelas di SDN Cengkareng Timur 01 Pagi-Jakarta Barat).
Karso. dkk, 2009. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
KASYATI, D. U. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Studen Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Purniwantini, N. K. (2022). Model STAD Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah. Journal of Education Action Research.
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada. Sagala, S. 2013. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suardiana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherti, Euis & Rohimah, Siti Maryam. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas pasundan.
Sumantri, Muhamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suwangsih, Erna & Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI PRESS.
Slameto.2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert.E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Taufiq, Agus. dkk. 2012. Modul Pendidikan Anak di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Trianto. 2009. Mendisain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Trianto. (2017). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.
Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Wijayanti, C. I. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3
UBUD. Wahana Chitta Jurnal Pendidikan.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.