PERAN GURU KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Raditya Rizky Darmawan Universitas Negeri Jakarta
  • Arya Bintang Prasetyo Universitas Negeri Jakarta
  • Syifa Aulia Universitas Negeri Jakarta
  • Salsa Nabilah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14258

Keywords:

Peran Guru, Sekolah Dasar, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran-peran guru dalam proses pembelajaran di kelas bagi anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria guru kelas yang terdapat anak berkebutuhan khusus di kelasnya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dengan guru kelas I, II, dan V SDN Mangga Besar 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa peran tambahan oleh guru kelas yang tidak memiliki guru pendamping dalam proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allo, E.A.T. (2022). Penyandang Disabilitas di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 9 (2), 807-812.

Azizah, I. (2022). Metode Pengajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB). Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan. 11 (1), 42-47.

Jusmirad, M., Khibran, M.F., Irfawandi, Sarah, Y., Songkeng, S.R., & Arina, A. (2023). Life Skills Education for Students with Special Needs to Improve Independence and Skills in Daily Life at UPT SLBN 2 Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB). 2 (5), 387-396.

Khaulani, F., Neviyarni, & Murni, I. (2019). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 7 (1), 51-59.

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajarn Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi. 5 (2), 201-227.

Nugroho, W.S. & Minsih. (2021). Pemetaan Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Inklusi Melalui Program Identifikasi dan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. 2 (1), 111-117.

Peraturan Gubernur (PERGUB) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 32 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru.

Rani, K., Rafikayati, A., & Jauhari, M.N. (2018). Keterlibatan Orang Tua dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana. 2 (1), 55-64.

Sidiq, U., & Miftachul, C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Syaadah, R., Ary, M.H.A., Silitonga, N., & Rangkuty, S.F. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal. PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2 (2), 125-131.

Triyanto, & Permatasari, D.R. (2016). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang. 25 (2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usup, dkk. (2023). Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Pendidikan Indonesia. 4 (02), 196-204.

Downloads

Published

2024-06-01