MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IV SDN 149/IV KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14214Keywords:
PTK, Keaktifan, Hasil Belajar, Project Based LearningAbstract
ABSTRACT The background of this research is the learning process, lack of student activity and low student learning outcomes, especially in Mathematics subjects. Some indications are students who do not participate actively, play during the learning process and lack of readiness to participate in learning, as well as educators who do not use a variety of learning models. The type of research used in this research is classroom action research (PTK) which was carried out in two cycles. Each cycle consists of 2 meetings. Each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted with the aim of describing the increase in activity and learning outcomes in Mathematics subjects using the Project Based Learning model with the assistance of LKPD in class IV of SD Negeri 149/IV Jambi City. The research was carried out in semester 2 of the 2023/2024 academic year. Data collection techniques use quantitative data analysis techniques and qualitative data. Details of teacher observation results in cycle I with an average percentage of 66.9% and in cycle II it was 88.5% in the very good category. The results of observations of student activity in cycle I were 71% and in cycle II it was 83% in the very good category. Furthermore, student learning outcomes in cycle I were 65% and in cycle II were 90% in the high category. Based on the research results obtained, it can be concluded that Project Based Learning with the help of LKPD can increase student activity and learning outcomes in Mathematics subjects. ABSTRAK Adanya penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran,kurangnya keaktifan siswa dan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika. Beberapa indikasinya ialah siswa yang tidak berpartisipasi aktif, bermain saat proses pembelajaran dan kurangnya kesiapan dalam mengikuti pembelajaran, serta pendidik yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar terhadap mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model Project Based Learning dengan berbantuan LKPD di kelas IV SD Negeri 149/IV Kota Jambi, penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Rincian hasil observasi guru pada siklus I dengan rata-rata presentase sebesar 66,9% dan pada siklus II sebesar 88,5% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I presentase sebesar 71% dan pada siklus II sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I dengan presentase sebesar 65% dan pada siklus II sebesar 90% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa Project Based Learning dengan bantuan LKPD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.Downloads
References
Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan instrument penelitian dan penilaian Dasar. Jakarta: Permata Puri Media
Aprilliya, S., Syaiful, & Anggraeni, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Gantang.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal JKPM.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education).
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Hayati, R. (2018). Pengembangan Model Holistic Mathematics Education (HME) Berbasis Sistem Among pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Universitas Negeri Padang.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kelas VI SD. Jurnal Basicedu.
Novelita, N., & Darmansyah. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu.
Ramadhani, D. F., & Restian, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V UPT Satuan Pendidikan Sdn Sentul 3 Kota Blitar Melalui Model Problem Based Learning Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. M. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Jurnal Undiksha.
Triyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.