PENGARUH MEDIA ALPHABET FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14125Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media alphabet flipchart terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design dan Desain Nonequivalent Control Grup Design, populasi dalam penelitian ini adalah 68 anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 anak dengan pembagian 14 anak sebagai kelompok eksperimen dan 14 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, dilakukan uji Wilcoxon sign rank menggunakan (2-tailed) α < 0,05 berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media alphabet flipchart yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun.Downloads
References
Arya, A. J. (2022). Pengembangan Pengembangan Game Edukasi Membaca Dan Menulis Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Hal Keaksaraan Di Tk Islam Bhakti 5 Ypbwi. Jieec (Journal Of IslamicEducation For Early Childhood), 4(1), 91-108.
Biddle, K.A.G, et al. (2014). Early chilhood education becoming aprofessional.California: Sage Publications,Inc
Heryati, Y. (2022). The Implementation of Character Education on Bahasa Indonesia through Active Learning in Elementary Schools. Proceedings of the 1st Bandung English Language Teaching International Conference (BELTIC 2018) Developing ELT in the 21st Century.
Kemendikbud. (2017b). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan konsep perkalian menggunakan media rak telur rainbow pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512-519.
Pratiwi, D.E. & Mulyani. (2013). Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) pada Pembelajaran Tematik untuk Meningktkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: 1( 2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Wartomo. (2017). Membangun Budaya Literasi sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas PGRI Yogyakarta.,1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.