PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (KOMIK) TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13938Keywords:
pengembangan, media komik, peduli terhadap makhluk hidupAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pengembangna dan kelayakan media komik tema peduli terhadapmakhluk hidup. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan media yang umum seperti buku paket, foto, video, jadi dalam penelitian ini peneliti memilih media komik bertemakan peduli terhadap makhluk hidup untuk meningkakan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitar, tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap yaitu Analisis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi. Kelayakan media komik diperoleh dari penilaian validator materi yang mendapatkan skor 53 dengan presentase kelayakan 77,94% dengan kategori layak, berdasarkan penilaian dari validator media mendapatkan skor 63 dengan presentase 78,75% terisi kategori layak. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan kriteria sangat baik dengan presentase 94% dan respon kelompok besar adalah 90,85% Oleh karena itu, media komik tema peduli terhadap makhluk hidup dapat digunakan untuk pembelajaran di SDN 4 Bajur Mataram.Downloads
References
Abdul Majid. (2014). Strategi
Pembelajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Andi Prastowo. (2013).
Pengembangan Bahan Ajar
Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Arsyad, Azhar. (2017). Media
Pembelajaran. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan
Media dan Sumber Belajar:
Teori dan Prosedur. Serang.
Penerbit Laksita Indonesia.
Depdiknas. (2003). Undang-undang
RI No.20 tahun 2003.tentang
sistem pendidikan nasional.
Erfan, M., Widodo, A., Umar,
Radiusman, & Ratu, T. (2020).
Pengembangan Game Edukasi
“Kata Fisika” Berbasis Android
untuk Anak Sekolah Dasar pada
Materi Konsep Gaya. Lectura:
Jurnal Pendidikan, 11(1)
Ermiana, I., Witono, A. H., & Khair, B.
N. (2019). Pengembangan
Media Berdasar Komputer (CBI)
untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPA Siswa Kelas III di
SDN 12 Ampenan. In Prosiding
Seminar Nasional Pagelaran
Pendidikan Dasar Nasional
(PPDN) (pp.297-303).
Gumelar, M. (2011). Cara Membuat
Komik. jakarta barat: PT.
Indeks.
Hasyim, Ardelina. (2016). Metode
Penelitian dan Pengembangan
di Sekolah. Yogyakarta: Media
Akademi
Istiningsih, Siti. (2021).
Pengembangan Modul
Pembelajaran Berbasis Kearifan
Lokal Tema Cita-Citaku
Subtema Aku dan Cita-citaku
Kelas IV. Jurnal Pendidikan
Profesi Pendidikan, Vol. 6(4),
Karyati Faridah. (2017).
Pengembangan Media Gambar
dalam Meningkatkan
Pembelajaran Matematika :
Uvaya Banjarmasin
Norhaliza, E., Istiningsih, S., & Khair,
B. N. (2023). Pengembangan
Media Bukber (Buku
Bergambar) Berbasis Kearifan
Lokal Daerah Setempat Untuk
Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan, 8(1).
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gadjah Mada. University Press.
Rahardi, Sigit. (2010). Pengaruh
Penggunaan Komik Sebagai
Media Pembelajaran Terhadap
Aktivitas dan Hasil Belajar IPA
(Fisika) Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 18 Palembang. Skripsi.
Inderalaya: Universitas
Sriwijaya.
Ramayulis. (2013). Profesi Dan Etika
Keguruan. Jakarta: Kalam
Mulia.
Sadiman. (2008). Media Pendidikan,
Pengertian,. Pengembangan,
dan Pemanfaatannya. Jakarta:
PT. Rajagrafindo Persada.
Siregar, Syofian. (2017). Metode
penelitian kuantitatif : di
lengkapi dengan perbandingan
perhitungan manual dan SPSS.
Penerbit Kencana : Jakarta
Sudjana, N. & A. Rivai. (2011). Media
Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru
Algesindo.
Surayya, Elly. (2012). Pengaruh
Media dalam Proses
Pembelajaran. Jurnal At-. Ta'lim
, 65-72
Suryani, Nunuk. (2019). Media
pembelajaran inofatif dan
pengembangannya. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Tahir, Muhammad, Radiusma.
(2021). Pelatihan Pembuatan
Media Vidio dan Audio Visual
Bagi Guru SD Negeri Gugus V
Kecamatan Batukliang Utara
Lombok.
Trianto.(2011). Model Pembelajaran
Terpadu Konsep Strategi Dan.
Implementasinya Dalam
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Jakarta : Bumi
Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.