ANALISA PERUBAHAN PENDIDIKAN AGAMA MELALUI TRANSFORMASI ICT

Authors

  • M. Adam Prastio Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Soraya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13775

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, transformasi, ICT

Abstract

Pendidikan Agama Islam berperan penting guna membentuk moral maupun karakter dari setiap kaum Muslim. Namun, di era digital ini berdampak besar pada dunia pendidikan, serta memberikan tantangan baru. Berkembangnya teknologi yang kerap dikenakan sebagai alat informasi maupun komunikasi yang mampu dikenakan oleh seluruh kalangan. Sebagaimana telah ditinjau bahwasannya kaum milenial menilai pendidikan Agama Islam sangatlah sulit guna dipelajari serta media tersebut hanya mampu diakses dengan manual serta tergolong membosankan. ICT ialah sumber pembelajaran multimedia dapat menampilkan meragam jenis kombinasi dari grafik, teks, audio, video, maupun animasi. Banyaknya jenis ICT yang digunakan oleh tenaga pengajar guna menunjang cara menyampaikan materi pembelajaran, yakni teknologi komputer, internet, teknologi penyiaran (radio, televisi), telepon serta layanan berbasis jaringan lainnya. Penggabungan tersebut ialah suatu kesatuan yang dengan bersamaan menampilkan informasi, pesan, maupun isi dalam pembelajaran. Penelitian ini mengenakan metode studi pustaka yakni mereview penelitian sebelumnya. Dengan demikian penelitian ini bertujuan guna menganalisa perubahan dalam pendidikan agama melalui transformasi ICT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Maulia Alfi, Amara Febriasari, Jihan Nur Azka. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Teknologi.” Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 1, no. 4 (2023): 513.

Ade S Permadi, Arna Purtina, and Muhammad Jailani. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 1 (2020): 89.

Al-Burhan Staidaf 3, no. 2 (2023): 41 Didi Maslan, dkk. “Kesiapan Guru Dalam Mengadopsi Dan Menggunakan Ict Dalam Pembelajaran Pai: Problem, Dampak Dan Solusinya.” Jurnal Al- Murabbi 8, no. 2 (2023): 50–57.

Arip Febrianto dan Norma Dewi Shalikhah. “Membentuk Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Peran Pendidikan Agama Islam” 8, no. 1 (2021): 10–105. David Maulana Ghufron, et al. “Transformasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Modalitas Belajar Dan Tantangan Pendidikan.” Jurnal

G. Rahmat. Masa Depan Pendidikan Bernama E-Learning. Yogyakarta: Ekspresi, Buku Lpm, 2014.

H.S. Wahyudi dan M.P. Sukmasari. “Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat.”

Hermawati, Kiki Ayu. “Pendidikan Islam Era Transformasi Sosial Society 5.0: Studi Analisa Terhadap Hadis Nab.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2023): 69–91.

Ibnu Mahmudi. “Urgensi Perilaku Keagamaan Pada Era Society 5.0.” In Prosiding Snbk (2019): 14.

Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Jurnal Analisis Sosiologi 3, no. 1 (2018): 199.

K.B. Utomo. “Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI.”

Lubab El Banan and Wiji Nurasih. “Persepsi Guru Diniyyah Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Pembelajaran Di Madrasah Diniyyah Andalusia Leler Banyumas.” Jurnal Education and Development 10, no. 1 (2022): 110.

Miftahur Rohman dan Hairudin. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif NilaiNilai Sosial Kultural.” Jurnal Al-Takdzkiyyah 9, no. 1 (2018): 24–25.

Model .J.Progr Stud PGMI 5, no. 2 (2018): 145–156.

Myori, D. E., Hidayat R., Eliza F., & Fadli, R. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android.” JTEV 5, no. 2 (2019): 102–109.

Riska Desiyanti. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7, no. 2 (2022): 57.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. “Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam.” E-Jurnal Unisda 5, no. 1 (2022): 18.

Sarwo Edy, Sumarta, and Mardiyana. Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Mental Dan Pembentukan Karakter Kepribadian Anak: Kajian Teoritis & Praktis. Indramayu: CV Adanu Abimata, 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD. Bandung: Alfabeta, 2016.

Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2014.

Yufita Yufita, Hotmaulina Sihotang, and Witarsa Tambunan. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi Dan Pendampingan Kepala Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 16.

Downloads

Published

2024-06-03