PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN RADEC BERBANTUAN MIND MAP DENGAN PEMBELAJARAN SECARA ALAMI PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13692Keywords:
RADEC, IPAS, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS peserta didik menggunakan RADEC berbantuan mind map dengan pembelajaran secara alami. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Gugus II Kecamatan Lengayang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling , sehingga diperoleh sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV SDN 18 Tebing Tinggi sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV SDN 13 Pasar Kambang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 80,67 dibandingkan kelas kontrol sebesar 70,24. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung = 9,481 sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan α = 0,05 yaitu 2,023, sehingga t hitung > t tabel yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPAS peserta didik menggunakan RADEC berbantuan mind map dengan pembelajaran secara alami di kelas IV Sekolah Dasar.Downloads
References
Amini, R. (2023). Peguatan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis RADEC Berbatuan Mind Map. Rapat Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar : Universitas Negeri Padang.
Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The difference of students learning outcomes using the project-based learning and problem-based learning model in terms of self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012082
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. 5(3), 1435–1443.
Fajri, I., Yusuf, R., & Mohd Yusoff, M. Z. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 105–118. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.30
Fitri, N. N., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis RADEC Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 6(2), 376.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., & Deing, A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. 2(2), 408–423.
Kurniawati, F. N. A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. AoEJ: Academy of Education Journal, 13, 1–13.
Lestari, H., Sopandi, W., Sa’ud, U. S., Musthafa, B., Budimansyah, D., & Sukardi, R. R. (2021). The impact of online mentoring in implementing RADEC learning to the elementary school teachers’ competence in training students’ critical thinking skills: A case study during covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 346–356. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.28655
Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Sopandi, W. (2017). THE QUALITY IMPROVEMENT OF LEARNING PROCESSES AND ACHIEVEMENTS THROUGH THE READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-AND THE QUALITY IMPROVEMENT OF LEARNING PROCESSES AND ACHIEVEMENTS THROUGH THE READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-AND. In Proceeding 8th Pedagogy International Seminar, 8(October), 32–139.
Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The Impact of Workshop on Implementation of ( RADEC ) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers. 178(ICoIE 2018), 7–11.
Tulljannah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Yulhaqqi, A., & Amini, R. (2022). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Edmodo Berbasis RADEC Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal of Basic Education Studies, 5(2), 351–359. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/6024
Yulianti, M. T., Qomario, & Nureva. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (. 2(1), 33–40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.