PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SD (STUDI LITERATUR)

Authors

  • Siti Fadia Nabila Universitas Negeri Jakarta
  • Juhana Sakmal Universitas Negeri Jakarta
  • Engga Dallion Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13689

Keywords:

Animation media, canva, narrative text writing skills

Abstract

This study aims to determine the benefits of digital audio-visual learning media in the form of animation (canva) to improve the skills of writing narrative texts for grade V elementary school students. This research uses kuantitatif with literature study techniques. Data collection techniques are carried out by searching for scientific articles related to research. Animation media is a media that combines the senses of vision and hearing by displaying a moving image or video to increase student interest in learning. Based on data from 6 journal articles that have been analyzed, it can be concluded that Canva-based animation media can make a positive contribution in improving students' narrative text writing skills with reason, uniqueness, visual appeal, better understanding, creativity and exploration.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawati, Yuyun. 2023. “Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” 9: 64–72.

Astutik, Wahyu Budi, Setya Yuwana, and Hendratno. 2021. “Development of Non-Fiction Text Digital Learning Media in Narrative Writing Skills for Fourth Grade Elementary School Students.” IJORER : International Journal of Recent Educational Research 2 (3): 275–92. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i3.99.

Ayunia Lestari, Putri, Evi Nurhikmah, Fauziah Farhani, Hanifah Pauziah, Iis Winati, Ovie Ayunda Rahmaputri Isnawan, Anwar Mulyana, Puji Rahayu, Fitri Nuraeni, and Oktian Fajar Nugroho. 2022. “Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva Bagi Guru Di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta.” Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) 2 (1): 47–54.

Berutu, Rifka Christy. 2020. “Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 9 Nomor 1 | Februari 2020 Doi : Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V9i1.7851 Use Of Animation Film Media To Increase The Writing Skills Of Narrative Students Of Class V Sdn 110 Pekanbaru Penggunaan Media” 9 (1942): 90–99.

Deminda, Dinda Vica, and Mubarak Ahmad. 2022. “Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Film Animasi Pada Kecakapan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 7 (2): 218. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5530.

Firmadani, Fifit. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2 (1): 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660.

Febriana, Tantri, Sri Suneki, Suyoto Suyoto, and Siti Rochajati. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sinektik 6 (1): 32–37. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8681.

Hamdiyah, Lulu, and Nur Aini Puspitasari. 2023. “Media Pembelajaran Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9 (1): 79–85. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4330.

Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman Zulherman. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.Men.” Jurnal Basicedu 5 (4): 2384–94.

Jayanti, Fitri, and Fachrurazi Fachrurazi. 2020. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6 (2): 329. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2491.

Junaedi, Sony. 2021. “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology.” Bangun Rekaprima 7 (2): 80. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000.

Kesuma, I Gde Nyana, I Wyn. Simpen, and Md. Sri Satyawati. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Berbahasa Bali Melalui Media Pembelajaran Film Pendek.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 8 (1): 52. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21354.

Lidi, Maria Waldetrudis, and Maimunah H Daud. 2019. “Penggunaan Media Animasi Pada Mata Kuliah Biologi Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi.” Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi 3 (1): 1–9. https://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1886.

Mega, Prasrihamni, 2019. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Dan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Buah Hati (6) : 123

Nurul Audie. 2019. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar.” Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2 (1): 586–95.

Rahmayanti, Riszky, Kusubakti Andajani, and Ade Eka Anggraini. 2023. “Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9 (3): 1588–94. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203.

Renza, Muhammad Abdu, Lalu Hamdian Affandi, and Heri Setiawan. 2022. “Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 (2): 445–51. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562.

Sari, Hanny Rahma, and Ika Yatri. 2023. “Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar” 2 (3): 159–66. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381.

Sani, Novi, Liza Murniviyanti, and Aldora Pratama. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Sd Negeri 17 Parittiga.” Jurnal Ilmiah Aquinas 11: 280–85. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i2.1968.

Setiyaningsih, Suci, and Setya Yuwana. 2023. “Peningkatan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas II SD Setelah Menggunakan Media Animasi Audio Visual Dongeng Binatang Berbasis Canva” 6 (2): 618–24. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5452.

Sukmadewi, Luh Putu Maylin, and Ni Wayan Suniasih. 2022. “Media Audio Visual Berbasis Kontekstual Pada Muatan IPA Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 5 (1): 138–49. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45898.

Sulaiman, Agus, M, Indramini. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar.” Jurnal Bahasa Vol 11. https://doi.org/10.24114/kjb.v11i3.38827

Downloads

Published

2024-05-20