UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI SALATIGA 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13680Keywords:
Kemampuan Membaca Permulaan, Flash Card, Problem Based LearningAbstract
Dalam penelitian ini, ditemukan permasalahan terkait rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD Negeri Salatiga 03. Yang mana hanya 55% dari 20 siswa yang mendapat nilai mencapai nilai KKTP. Selain itu, siswa masih salah dalam melafalkan huruf pada kata yang dibaca dan membaca kata pada suku kata kurang tepat. hal tersebut dikarenakan penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang variatif dan masih klasikal. sehingga upaya yang digunakan peneliti dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan media flash card. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam II siklus dengan dua pertemuan disetiap siklusnya. setelah dilakukan penelitian, kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan secara signifikan. hal tersebut dapat dilihat dari presentase pencapain nilai KKTP siswa yang mengalami peningkatan dari kondisi awal. Pada kondisi awal prasiklus hanya 11 dari 20 siswa yang mencapai nilai KKTP dengan presentase 55%, kemudian meningkat menjadi 13 siswa dengan presentase 65% pada siklus I, dan setelah dilakukannya siklus II presentase pecapaian KKTP mengalami peningkatan sebesar 25% sehingga pada siklus II menjadi 90% yang mana sebanyak 18 dari 20 siswa telah mencapai nilai KKTP pada membaca permulaan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan media flash card secara efektif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas 1 SD Negeri Salatiga 03.Downloads
References
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.
Dalman. (2017) Keterampilan Membaca. Depok: Raja Grafindo Persada.
Guntur Tarigan, Henry. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Herlinasari, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Flash Card Di Kelas 1 Mi Miftahul Athfal Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Juliana. 2017. Aspek Membaca Permulaan. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10-24.
Mulyati, Y. 2014. Hakikat Keterampilan Membaca. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.13.
Syamsu Alam. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Mi Ujung Bulo. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 106–121.
Yuliana, R. 2017. Pembelajaran Membaca Permulaan dalam Tinjauan Teori Artikulasi Penyerta. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.