EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BEBAS SISWA KELAS 5

Authors

  • Yusa Sherly Maytreyha Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19948

Keywords:

CIRC, Mind Mapping, keterampilan menulis, karangan bebas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan bebas siswa kelas V SDN 2 Kaligentong. Menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Posttest Only, Nonequivalent Control Group Design, penelitian melibatkan 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok CIRC (82,55) lebih tinggi dibandingkan kelompok Mind Mapping (77,90). Analisis statistik mengkonfirmasi perbedaan signifikan antara kedua model (sig. 0,014 < 0,05). Model CIRC terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan bebas melalui pendekatan pembelajaran kolaboratif, materi yang relevan, dan interaksi efektif antar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani, E. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Amalia, F. (2017). Kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas V SD Negeri Parangtambung 1 Kota Makassar. Konfiks: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 116–125.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau. Jurnal Tunjuk Ajar, 1(1), 24–33.

Azmussya’ni, A., & Wangid, M. N. (2014). Peningkatan keterampilan menulis menggunakan pendekatan proses dengan media gambar di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1–13.

Durukan, E. (2011). Effects of cooperative integrated reading and composition (CIRC) technique on reading-writing skills. Educational Research and Reviews, 6(1), 102–109.

Dwinurani, L., & Koeswanti, H. D. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2502–2511.

Fadhilah, S. N., Heryana, N., & Sunarya, D. T. (2019). Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan menulis eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 126–134.

Gupta, M., & Ahuja, J. (2014). Cooperative integrated reading composition (CIRC): Impact on reading comprehension achievement in English among seventh graders. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 2(5), 37–46.

Indriyani, V., Yati, D., & Winarni, R. (2019). Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 80–87.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Universitas Terbuka.

Nurjamal, D., Sumirat, W., & Darwis, R. (2015). Terampil berbahasa: Menyusun karya tulis akademik, memandu acara (MC-moderator), dan menulis surat. Alfabeta.

Pambudi, B., Rohmanurmeta, F. M., & Suryani, T. (2023). Penerapan gerakan literasi membaca buku dengan model pembelajaran PJBL untuk meningkatkan kosakata baru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 4 SDN 1 Ngebel. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4958–4968.

Putri, W. L., Setiadi, S., & Djuanda, D. (2020). Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 60–69.

Qoyyimah, M., Kasiyun, S., Hidayat, M. T., & Ghufron, H. S. (2020). Pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan bercerita siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 137–142.

Rahma, S., Farida, F., & Suhartono, S. (2019). Penggunaan model mind mapping dalam peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 71–81.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672.

Sari, E. K., Mardiana, T., & Setiawan, D. (2018). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 51–60.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.

Wahyuni, V. I., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Efektifitas model mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD/MI. ELSE (Elementary School Education Journal), 6(2), 351–366.

Zarei, A. A., & Keshavarz, J. (2011). On the effects of two models of cooperative learning on EFL reading comprehension and vocabulary learning. Modern Journal of Language Teaching Methods, 1(2), 39–54.

Zulkarnaini, Z. (2011). Model kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 1(1), 75–86.

Downloads

Published

2024-12-28