UPAYA PENERAPAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Musrifatul Indriani Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Utami Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,SMP Negeri 2 Nglames
  • Septina Alrianingrum Sejarah, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13647

Keywords:

Motivasi Belajar, Model PBL, TaRL

Abstract

ABSTRACT This study aims to enhance students' learning motivation in social studies learning through the implementation of Problem Based Learning model with Teaching at the Right Level (TaRL) approach in class 7D of SMPN 2 Nglames, Madiun Regency, in the second semester of the academic year 2023/2024. The research adopts the Classroom Action Research (CAR) method involving 32 students as participants. The instruments utilized in this study are observation and questionnaires. One of the background of this study is the low motivation to learn grade 7D students due to the lack of variation in learning methods. The results of the implementation  in cycles 1 and 2, a notable enhancement in students' learning motivation was observed. In cycle 1, out of 32 students, 12 students achieved results categorized as very high learning motivation (37.5%), while 20 students fell into the high learning motivation category (62.5%). In cycle 2, after data reflection, a considerable improvement was noted. Out of 32 students, 18 students (56.25%) were classified as having high learning motivation, and 14 students (43.75%) were in the very high learning motivation category.  In conclusion, the implementation of the Problem Based Learning model with Teaching at the Right Level (TaRL) approach has been found to enhance students' learning motivation. Keywords: Learning Motivation, PBL Model, TaRL Approach ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran problem based learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada kelas 7D SMPN 2 Nglames Kabupaten Madiun pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah siswa 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah observasi dan angket. Bentuk analisis informasi yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Salah satu latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya motivasi belajar siswa kelas 7D karena kurangnya variasi dalam metode pembelajaran. Hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2, terlihat adanya peningkatan motivasi belajar siswa secara signifikan. Pada siklus 1, dari total 32 siswa, sebanyak dari 12 siswa memperoleh hasil dengan kategori motivasi belajar sangat tinggi (37,5%), sedangkan 20 siswa masuk dalam kategori motivasi belajar tinggi (62,5%). Sedangkan pada siklus 2, setelah dilakukan refleksi data, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Dari total 32 siswa 18 siswa (56,25%) termasuk dalam kategori motivasi belajar tinggi, 14 siswa (43,75%) dalam kategori motivasi belajar sangat tinggi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata-Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model PBL, TaRL

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adinugraha, F., Ponto, A. I (2022). Faktor eksternal Yang memengaruhi hasil belajar Biologi Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta saat pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nusantara, 3(1), 19-29.

Ahyar, dkk. (2022) Impelementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5(11) 5241-5246

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Atabik, A. (2018). Pendidikan dan pengembangan potensi anak usia dini. ThufuLA. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 149–166. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2/4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan N. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407-12418

Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Siswa untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14–25. https://doi.org/ 10.32923/tarbawy.v6i2.1236.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. 10.53299/jppi.v1i2.48.

Izzah, N., Djangi, M. J., & Mansur, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Teaching at the Right Level untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 1000-1008.

Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementation Implementation of the TaRL Approach to Increase Student Learning Motivation in Physics Learning: Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99 (ini yang benar NIngrum atau Juwono).

Krisnawati, E. (2021). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Keberagaman Sosial Budaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 1-14.

Kurikulum Merdeka. (2020). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6) (tidak ada kutipan yang mencantumkan nama ini).

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: FIP UNP

Mauizdati, N. (2020). Kebijakan merdeka belajar dalam perspektif sekolahnya manusia dari Munif Chatib. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 315–321. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1324.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.

Munawir, M. (2021). Strategi pembelajaran gembira dan berbobot. Sidoarjo: Kanzum Books

Ningrum, M. C. N., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementation Implementation of the TaRL Approach to Increase Student Learning Motivation in Physics Learning: Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99 (yang benar nama penelitian yg atas atau yg ini#warna tosca).

Purwananti, Y. S. (2016). Peningkatan kualitas pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia handal. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 220–229. STKIP PGRI, Tulungagung

Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307

Tan, O. (2023). Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(1), 1-12.

Downloads

Published

2024-05-20

Most read articles by the same author(s)