PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN KAHOOT! BERBASIS RADEC BERBANTUAN MINDMAP DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putri Zikrilla Universitas Negeri Padang
  • Risda Amini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13575

Keywords:

IPAS, Kahoot!, RADEC, Plomp

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD yang valid dan praktis. Model   pengembangan   yang digunakan   dalam   penelitian   ini adalah   model   plomp.   Adapun tahapannya  adalah fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi , dan fase implementasi. Media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD  di  uji  kelayakan  melalui  uji  validitas  dan praktikalitas. Hasil uji media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD  yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dinyatakan sangat valid  dengan  rata-rata  penilaian  validator  93,7%.  Sedangkan  hasil  uji praktikalitas media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD di  sekolah  uji  coba  adalah 93% untuk respon guru dan 91,7% untuk respon peserta didik. Hasil uji praktikalitas di sekolah penelitian adalah 95,4% untuk respon guru dan 94,8% untuk respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD sudah  valid  dan  praktis  untuk  digunakan  dalam  proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahamd, S., & Syafi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran SAC (Smart Application Creator) dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17497–17502.

Ahmad, S., & Herman, ilham R. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 Pada Materi Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2437–2445. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3776/2509

Ahmad, S., & Zainil, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 2250–2253.

Amini, R. (2023). Penguatan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik Sekolah Dasar Melalaui Pembelajaran IPA Berbasis RADEC Berbantuan Mind Map. Orasi Ilmiah, 5(6), 11.

Anissi, R. A., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 772–783.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajatran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 6(2), 402–416.

Fitria, Y. (2014). Refleksi Pemetaan Pemahaman Calon Guru Sd Tentang Integrated Sains Learning. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 82. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4316

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8605

Fitria, Y. (2021). Pembelajaran Yang Melejitkan Kecakapan Abad 21 Untuk Level Pendidikan Dasar Di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, November, 367–387. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1083

Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Kharunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 2685–9351. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/9513/7220

Muliani, D. E., Kasmira, N., & Yusmanila, Y. (2023). Validasi dan Praktikalitas Bahan Ajar Berbasis Google Sites. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1250–1257. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4467

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693

Downloads

Published

2024-05-07