PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN KAHOOT! BERBASIS RADEC BERBANTUAN MINDMAP DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13575Keywords:
IPAS, Kahoot!, RADEC, PlompAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model plomp. Adapun tahapannya adalah fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi , dan fase implementasi. Media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD di uji kelayakan melalui uji validitas dan praktikalitas. Hasil uji media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 93,7%. Sedangkan hasil uji praktikalitas media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD di sekolah uji coba adalah 93% untuk respon guru dan 91,7% untuk respon peserta didik. Hasil uji praktikalitas di sekolah penelitian adalah 95,4% untuk respon guru dan 94,8% untuk respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran IPAS menggunakan Kahoot! berbasis RADEC berbantuan mindmap di kelas V SD sudah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Ahamd, S., & Syafi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran SAC (Smart Application Creator) dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17497–17502.
Ahmad, S., & Herman, ilham R. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 Pada Materi Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2437–2445. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3776/2509
Ahmad, S., & Zainil, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 2250–2253.
Amini, R. (2023). Penguatan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik Sekolah Dasar Melalaui Pembelajaran IPA Berbasis RADEC Berbantuan Mind Map. Orasi Ilmiah, 5(6), 11.
Anissi, R. A., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 772–783.
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajatran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 6(2), 402–416.
Fitria, Y. (2014). Refleksi Pemetaan Pemahaman Calon Guru Sd Tentang Integrated Sains Learning. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 82. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4316
Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8605
Fitria, Y. (2021). Pembelajaran Yang Melejitkan Kecakapan Abad 21 Untuk Level Pendidikan Dasar Di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, November, 367–387. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1083
Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091
Hasibuan, A. R. H., Aufa, Kharunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 2685–9351. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/9513/7220
Muliani, D. E., Kasmira, N., & Yusmanila, Y. (2023). Validasi dan Praktikalitas Bahan Ajar Berbasis Google Sites. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1250–1257. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4467
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.