PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN 52 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Khaerunnisa Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih Universitas Mataram
  • Setiani Novitasari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13563

Keywords:

Hasil Belajar, LKPD, Inside Outside Circle (IOC), IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas V SDN 52 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Jumlah subyek dalam penelitian ini yaitu 58 siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas dari SD yang berbeda, yaitu kelas V SDN 52 Cakranegara, dan kelas V SDN 48 Cakranegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dan observasi dilakukan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis yaitu thitung 3,314 > ttabel 2,003 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,002 yang berarti 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berbantuan LKPD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Hasil tersebut ditunjukkan oleh hasil uji effect size diperoleh sebesar 0,69 yang nilainya berada pada kategori sedang. Artinya, model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berbantuan LKPD cukup signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 52 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin,& Linda Yurike Susan Sumendap. 2022. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Universitas Islam 45 Bekasi.

Anar, A, P. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Makassar.

Dewi, Candra, & Rohmanurmeta. 2019. Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar. Jawa Timur: Unipma Press.

Hamidah, dkk. 2018. Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12(2): 2212-2223.

Hastuti, A., Mustikaningtyas, D., & Widyatmoko, A. 2014. Pengembangan LKS Berbasis Learning Cycle 4E Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Membekali Keterampilan Generik Inferensi Logika Siswa. Unnes Science Education Journal. (3): 579-586.

Hilga, dkk. 2022. Penerapan Strategu Inside-Outside Circle Dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Remban. Jurnal Science Education. 2(2), 18-29.

Istiningsih, S., dkk. 2022. Pelatihan Pengembangan LKPD Interaktif Dengan Model POE Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru SDN 12 Ampenan. Jurnal Warta Desa. 4(1), 54-63.

Juniati, Ni Wayan., & Widiana, I Wayan.2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.

Karma, I, N., dkk. 2019. Pendampingan Penyususnan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Berbasis Scientific Approach dan Conextual Learning Dalama K-13. Jurnal Prosiding Pepadu. (1), 136-143.

Lestari, Farida Sri. 2019. Peran Media Pop-UP Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jawa Barat: FKIP UNMA.

Lorenza, & Reinita. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus V Kecamatan Sutera. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 186-196.

Oktaviyanti, I, & Novitasari, S. 2019. Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education. 2(1), 50-58.

Oktaviyanti, I, dkk. 2020. Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk SD Negeri 3 Minang. Jurnal Pepadu. 1(3), 298-306.

Rachmawati, Tutik.,& Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Rahmah, Nur.,& Rafika. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Islamic Education Management, 2(1), 1-14.

Rohmawati, Lutfi. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas X SMA NU Widasari pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi.15(2), 1-15.

Saputri, Raniah. 2021. Pengaruh Model Pembelaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6(4), 623-628.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Ulfah, A., dkk. 2013. Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. Unnes Science Education Journal, 239-44.

Utami, Nur., Susanti, Fairi, S., & Sylvia, Lara, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Pada Materi Sikls Air Terhadap Hasil Belajar Kelas V di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(1), 410-423.

Yazid. 2015. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran REACT. Skripsi. FKIP. Universitas Pasundan Bandung.

Downloads

Published

2024-05-07