PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SDIT AL – AKHYAR MUARA BUNGO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13447Keywords:
Proses, Hasil, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar IPAS. Beberapa indikasinya ialah siswa yang tidak berpartisipasi aktif, bermain saat proses pembelajaran dan kurangnya kesiapan dalam mengikuti pembelajaran, serta pendidik yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model Project Based Learning dengan bantuan LKPD di kelas V SDIT AL - AKHYAR Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 di SDIT AL - AKHYAR Muara Bungo. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Rincian hasil observasi guru pada siklus I dengan rata-rata presentase sebesar 68,7% dan pada siklus II sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I presentase sebesar 73% dan pada siklus II sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan presentase sebesar 73% dan pada siklus II sebesar 95% dengan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa Project Based Learning dengan bantuan LKPD dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS.Downloads
References
Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan instrument penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Ananda, R. (2017). Peningkatan Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Koperatif TIPE Studen Team Achievement DVision (STAD) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 91-100.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Guruan Nasional
Darmadi, Hamid, (2011). Metode Penelitian Guruan. Bandung: Alfabeta.
Heri Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
M. Gulo. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Nasution. (2012). Metode Research (Penelitian Ilmiahi). Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Permata Puri Media
Triyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.