PERAN PENDIDIKAN DALAM MELESTARIKAN TRADISI BERULEM/MENYILAQ (Studi di Desa Marong Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah)

Authors

  • Budiman Pendidikan IPS FISHIPOL Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lalu Azwadi Alfiansyah Tadris IPS FTK Universitas Islam Negeri Mataram
  • Moh Jamal Pendidikan IPS FISHIPOL Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13335

Keywords:

Eksistensi, Tradisi, Globalisasi, Peran Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ke eksistensian tradisi Berulem/ Menyilaq, tantangan dan solusi apa saja yang dialami oleh tradisi Berulem/ Menyilaq di era globalisasi, dan apa saja peran pendidikan dalam melestarikan tradisi Berulem/ Menyilaq di Desa Marong, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang digunakan adalah dengan metode teknik analisis data. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa ke eksistensian tradisi Berulem/ Menyilaq ini masih sangat dijaga kelestariannya di Desa Marong, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Tantangan yang dihadapi oleh tradisi ini ada 2 (dua) yaitu dari segi internal dan eksternal. Solusi yang di terapkan di Desa Marong yaitu dengan membuat Paguyuban Adat Marong. Paguyuban Adat disini memberikan edukasi-edukasi terkait nilai-nilai sosial terhadap pembelajaran yang di dapat dalam tradisi-tradisi yang ada di Desa Marong termasuk juga tradisi Berulem/ Menyilaq ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Haslan, M. M., Sawaludin, & Alqadri, B. (2023). Nilai-Nilai Karakter pada Tradisi Mesilaq pada Masyarakat Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2617–2630. https://doi.org/10.23969/JP.V8I2.10014

Auliya, N., & Pujawati, P. (2023). Interaksi Agama dalam Era Globalisasi. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 2(2), 119–128. https://doi.org/10.59029/INT.V2I2.22

Darwis, R. (2017). Tradisi Ngaruwat Bumi Dalam Kehidupan Masyarakat (Studi Deskriptif Kampung Cihideung Girang Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang). Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 2(1).

Hadiprashada, D., & Osira, Y. (2022). Pola Komunikasi Pelayanan Lansia dalam Perspektif Adat Budaya Di Bengkulu. Jurnal Sosiologi Nusantara, 8(1), 169–175. https://doi.org/10.33369/JSN.8.1.169-175

Haji, H. Bin. (2022). Peran Lembaga Adat dan Pengaruhnya Terhadap Pelaksanaan Pembangunan di desa Batu Merah Kota Ambon. Journal of Government Science Studies, 1(1), 09–17. https://doi.org/10.30598/JGSSVOL1ISSUE1PAGE09-17

Hanifah Salsabila, U., Amalia Putri, V., Cahyani, P., Tri Yuliatin, A., & Ahmad Dahlan, U. (2021). Upaya dalam Memajukan Teknologi Pendidikan Indonesia. NUSANTARA, 3(3), 442–458. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1509

Hendro, F., Setiawan, T., & Setiawati, D. (2021). Mempertahankan Eksistensi Tradisi Tungguk Tembakau melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 78–92. https://doi.org/10.31315/JIK.V19I1.3918

Herlina, L. (2023). Perspektif Mahasiswa Muslim FKIP Universitas Mataram terhadap Ajaran Islam dalam Tradisi “Nyongkolan” sebagai Bagian dari Prosesi Pernikahan Masyarakat Adat Sasak Lombok. MANAZHIM, 5(1), 536–548. https://doi.org/10.36088/MANAZHIM.V5I1.3032

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/JOE.V3I3.381

Ilmalia, R. M., Budiartha, I. N. P., & Sudibya, D. G. (2021). Pelaksanaan Tradisi Perkawinan Merariq (Besebo) Suku Sasak di Lombok Timur. Jurnal Interpretasi Hukum, 2(3), 479–483. https://doi.org/10.22225/JUINHUM.2.3.4123.479-483

Kholillah, M. K., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 515–518. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.2508

Manullang, S. O., Syarifuddin, S., Shidiq, M. N., Rahman, I., & Sahrul, S. (2023). Tradisi Perkawinan Bersyarat dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6558–6568. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V7I2.7258

Muslimin, E., Heri, D., Erihadiana, M., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2022). Kesiapan Merespon terhadap Aspek Negatif dan Positif Dampak Globalisasi Dalam Pendidikan Islam. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.47467/AS.V4I1.471

Normina, N. (2017). Pendidikan Dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17–28. https://doi.org/10.18592/ITTIHAD.V15I28.1930

Panduraja Siburian, B., Nurhasanah, L., & Alfira Fitriana, J. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–39. https://doi.org/10.33061/JGZ.V10I2.5616

Prasetyo, O., & Kumalasari, D. (2021). Nilai-Nilai Tradisi Peusijuek Sebagai Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal: Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 359–365. https://doi.org/10.31091/MUDRA.V36I3.1387

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9498

Resmini, W., Sakban, A., & Fauzan, A. (2019). Nilai-Nilai yang Terkandung pada Tradisi Paru Udu dalam Ritual Joka Ju Masyarakat Mbuliwaralau Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur Indonesia. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.31764/CIVICUS.V7I2.1111

Rosdiana, Arman, & Multazam, A. (2018). Praktik Merariq pada Masyarakat Sasak di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Window of Health : Jurnal Kesehatan, 166–178. https://doi.org/10.33096/WOH.V1I3.691

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

yulian, D., & Lubis, E. (2022). Makna Tradisi Suroan Dalam Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Pada Masyarakat Suku Jawa Di Desa Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan (JUPANK), 2(2), 122–128. Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/jupank/article/view/3681

Zainudin, Z. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Perkawinan Adat Sasak Masyarakat Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat 2020: Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 385–404. https://doi.org/10.1234/ELKATARIE.V3I1.3962

Downloads

Published

2024-04-28