ANALISIS KESULITAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS IVA SD RABBANIYYUN ISLAMIC SCHOOL JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13297Keywords:
Kesulitan membaca puisi, Faktor internal, Faktor eksternalAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kesulitan yang dialami siswa kelas IV A SD Rabbaniyyun Islamic School Jakarta Timur dalam membaca puisi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi penghambat kemampuan membaca puisi siswa di kelas tersebut serta solusi yang dilakukan guru. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa hasil observasi dari praktik membaca puisi siswa serta hasil wawancara guru dan siswa. Analisis data dilakukan melalui pendekatan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor-faktor internal yang menjadi penghambat kemampuan membaca puisi pada siswa kelas IV A di SD Rabbaniyyun Islamic School Jakarta Timur adalah minat dan keterampilan siswa dalam membaca puisi, perasaan (mood) siswa ketika membaca puisi, dan kurangnya rasa percaya diri siswa. Adapun faktor-faktor eksternal yang menjadi menghambat siswa di antaranya kurang lengkapnya buku-buku puisi di perpustakaan dan pojok baca, metode yang digunakan guru, media pembelajaran yang dipakai, dan pengaruh lingkungan di sekitar siswa. Solusi alternatif yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut adalah menggunakan metode demonstrasi dan menyediakan media pembelajaran audiovisual.Downloads
References
Afriansyah, F., & Yanti, P. G. (2020). Keterampilan Membaca Puisi Siswa sebuah Modifikasi Teknik Membaca Puisi Jose Rizal Manua. BAHASTRA, 40(1), 29. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.15286
Amalia, F., Nurmahanani, I., & Sari, N. T. A. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, 2(1), 477–484. http://repository.upi.edu/id/eprint/68529
Aruniqisthi, Nisya, C., Sundari, S., & Fatonah, K. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Puisi di Kelas 4 SDN 05 Penggilingan Jakarta. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisplin, 9, 215–219. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/258
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Fatonah, K., Mujazi, & Darmayantie, I. (2023). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Digital untuk Memperkuat Literasi di SD Pusaka Rakyat 02. Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(4), 167–181. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif/article/view/2382
Jailani, M. S. (2020). Membangun Kepercayaan Data dalam Penelitian Kualitatif.4(2).http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index
Kartika, R., & Fatonah, K. (2023). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V di SD Negeri Bonisari I Kabupaten Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 3477–3490. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10579
Kinasih, A., Exa, H. N., Amalia, S. A., & Yulisetiani, S. (2022). Analisis Makna dan Nilai Moral pada Puisi Anak Usia Sekolah Dasar Tema Lingkungan. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Vol 2 No 1 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.569
Krismonarofah, Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Pemahaman Membaca Puisi Siswa Kelas IV SDN Junganyar 02. 5(3), 248–253. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1081
Marlina, L. 2020. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempegaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/952
Putri, S. T., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas terhadap Minat TERHADAP Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02. Dinamika Sekolah Dasar. https://doi.org/10.21009/DSD.XXX
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89–96. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552
Rahmania, Y., & Fatonah, K. (2022). Kebutuhan Anak Sekolah Dasar dalam Membaca Permulaan pada Masa Pandemi COVID-19 di Perkampungan Kayu Besar Jakarta. Jurnal Perseda, 5(2), 108–116. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3121363
Serungke, M., Sibuea, P., Azzahra, A., Fadillah, M. A., Rahmadani, S., & Arian, R. (2023). Penggunaan Media Audio Visual dalam Proses Pembelajaran bagi Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 2655–6022. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/952
Syuroyah, atusy, Nuralizza, T., Yuliani Sabillah, T., & Dewi Kurnia, M. (2022). Kendala Membaca Puisi dan Strategi Model Cooperative Script. Ridwan Institute Action Research, 6(1). https://arl.ridwaninstitute.co.id/index.php/arl/article/view/92
Triyono, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Puisi SDN Pacing. Jurnal Educatio, 7(3), 1012–1018. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1464
Wuwur, E. S. P. O. (2022). Faktor Penghambat Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Factors. Jurnal Sains dan Teknologi (SAINTEK), 5(3), 248–253. https://ftuncen.com/index.php/SAINTEK/article/view/70
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.