PENGARUH MEDIA MAGBLOCKS (MAGNETIC BLOCKS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13154Keywords:
Media Magblocks (Magnetic Blocks), Hasil Belajar Matematika.Abstract
Penelitian ini didasari dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan penggunaan media berupa akrilik dan LCD proyektor tanpa adanya media lain yang bervariasi sehingga peserta didik merasa jenuh. Hal tersebut menjadi tantangan bagi pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menghasilkan hasil belajar yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Magblocks terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas 4 SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen serta desain penelitian pre-eksperimental dengan bentuk true experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 4 SDN Kebonagung 2 dengan total keseluruhan 51 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes serta angket aktivitas peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa uji hipotesis independent sample t-test bernilai sig (2-tailed) 0,04 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media Magblocks dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 4 SD.Downloads
References
Dewi, G. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Pada Siswa Autis. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 241-252. (https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.300)
Fauziyah, N. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS MAN 2 Model Banjarmasin (https://doi.org/10.35542/osf.io/jfy52)
Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341-1351 (https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/about/submissions)
Hikmawan, S. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Project-Based Learning Model Dengan Pendekatan Steam (PJBL-Steam) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.
Milkhaturrohman, M., Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94-106. (https://doi.org/10.33365/jm.v4i2.2095)
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.
Putri, S. A., Destiniar, D., & Sunedi, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1783-1789. (https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5553)
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rohmah, D. N. (2020). Hubungan Antara Motivasi dan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTS Al Amien Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Alqur'an Hadist (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28 (https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269)
Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). Malang: UMMPress
Yuniar, Y., Satinem, Y., & Sofiarini, A. (2022). Penerapan Model Time Token Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(1), 112-121 (https://doi.org/10.31539/joes.v5i1.4006)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.