PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I A SD NEGERI 108/VIII SARI MULYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13107Abstract
Penggunaan media pembelajaran berbasis video telah menjadi fokus penelitian dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era globalisasi. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 A SD Negeri 108/VIII Sari Mulya dalam mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kolaboratif digunakan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil pra-siklus menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa, dengan hanya 32% siswa yang memenuhi seluruh indikator motivasi. Namun, setelah diterapkan media pembelajaran berbasis video, terjadi peningkatan signifikan dalam motivasi belajar, pada siklus 1 yaitu 52 % dan mencapai 86% pada siklus kedua. Hal ini juga tercermin dalam hasil tes, di mana persentase ketuntasan meningkat dari 28% pada pra-siklus, siklus 1 yaitu 48% dan meningkat menjadi 76% pada siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa media video memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menyajikan konten yang menarik, inspiratif, dan informatif. Selain itu, media video juga terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan materi siswa melalui visualisasi yang memikat, keterlibatan interaktif, dan aksesibilitas yang memungkinkan pembelajaran mandiri.Downloads
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Burhayani, Nuridah, S., Sautra Andi Muh Akbar, Sarumaha, Y. A., & Anyan. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 166–172. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/ondex/php/jrpp
Daryanto. (2010). Belajar dan mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Endarto, I. A., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1763
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75
Melati, E., Fayola, A. D., 52Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Rachmi, R., Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin, S. (2024). Pendidikan di Era Digital: 5Tantangan dan Peluang. SJournal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63. Retrieved from http://smpn1rantaupandan.sch.id/blog/pendidikan-di-era-digital-tantangan-dan-peluang/
Sofiarini Andriana, & S. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran The Role of History Teachers in Utilizing Learning Media Innovations. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2), 79–93.
Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & ... (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? … : Jurnal Pendidikan Dan …, 1(1), 29–34. Retrieved from http://journal.yp3a.org/index.php/diajar/article/view/2265%0Ahttps://journal.yp3a.org/index.php/diajar/article/download/2265/988
Yusuf, S. (2020). Upaya Peningkatan Pemahaman Guru Dalam Menyusun Laporan Ptk Melalui Pembimbingan Terfokus Dengan Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.