PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN KOMUNIKASI MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 001/IV KOTA JAMBI

Authors

  • Yuriansyah Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Atri Widowati Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Bunga Ayu Wulandari Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13092

Abstract

Matematika merupakan alat atau metode untuk menemukan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh manusia. Ini melibatkan pemanfaatan informasi, pengetahuan tentang ukuran dan bentuk, serta keterampilan perhitungan. Saat ini, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita dalam matematika karena kurangnya pemahaman konsep pembelajaran matematika. Oleh sebab itu perlunya pendekatan pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan matematika realistik dapat digunakan karena memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses belajar dan berpikir kreatif dan kritis dalam memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dan komunikasi. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika di kelas VI.D telah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan dalam komunikasi matematis secara signifikan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut mencakup peningkatan persentase hasil tes dari 69% menjadi 83,1% dan peningkatan skor rata-rata persentase observasi komunikasi matematis siswa dari 69,2% pada siklus I yang belum optimal menjadi 76% pada siklus II yang sudah optimal. Hal ini menunjukkan bahwa upaya perbaikan dan pengembangan yang dilakukan pada siklus II, seperti peningkatan petunjuk, motivasi, dan interaksi edukatif, memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04, 103–109.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Danasasmita, W. (2013). MODEL PEMBELAJARAN DAN PENDEKATANNYA. Direktori Universitas Pendidikan Indonesia.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hanna Sundari. (2015). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN PEMEFOLEHAN BAHASA KEDUA/ASING. Jurnal Punjangga, 5(3), 1–26.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Nurul Hikmah, S., & Hendra Saputra, V. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11.

Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. Manazhim, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Downloads

Published

2024-03-23