PENGARUH MEDIA PUZZLE GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13074Keywords:
puzzle gambar, menulis karangan narasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SDN Keboan Anom Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design berupa test essay. Penelitian menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan siswa sebanyak 26 siswa sedangkan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan siswa sebanyak 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T diperoleh hasil Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dapat disimpulkan ada pengaruh media puzzle gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SDN Keboan Anom SidoarjoDownloads
References
Aprelia, D, Baedowi, S & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19400
Bahar & Risnawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 15(2), 118. https://doi.org/10.35329/fkip.v15i2.468
Kurniaman, O., Nasution, A. S., & Antosa, Z. (2021). Pengaruh Strategi Pow + C- Space Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sdn 102 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1451. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8176
Munisah, E. (2020). Pengelolahan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18, 25–27.
Nurpratiwiningsih, L. & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1–6. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.52
Polisiandani, F, Mudzanatun & Arisyanto, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantu Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17294
Rinawati, A.. Mirnawati, L. B & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Septiani N, Nurasiah, I & Wardana, A. E. (2020). Pengaruh Media Puzzle Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Kelas Rendah. Jurnal Persada, III(3), 6–10. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.