PENGARUH MEDIA PUZZLE GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yuhana Vidya Hijah Ermawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bahauddin Azmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13074

Keywords:

puzzle gambar, menulis karangan narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SDN Keboan Anom Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design berupa test essay. Penelitian menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan siswa sebanyak 26 siswa sedangkan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan siswa sebanyak 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T diperoleh hasil Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dapat disimpulkan ada pengaruh media puzzle gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SDN Keboan Anom Sidoarjo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprelia, D, Baedowi, S & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19400

Bahar & Risnawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 15(2), 118. https://doi.org/10.35329/fkip.v15i2.468

Kurniaman, O., Nasution, A. S., & Antosa, Z. (2021). Pengaruh Strategi Pow + C- Space Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sdn 102 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1451. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8176

Munisah, E. (2020). Pengelolahan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18, 25–27.

Nurpratiwiningsih, L. & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1–6. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.52

Polisiandani, F, Mudzanatun & Arisyanto, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantu Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17294

Rinawati, A.. Mirnawati, L. B & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Septiani N, Nurasiah, I & Wardana, A. E. (2020). Pengaruh Media Puzzle Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Kelas Rendah. Jurnal Persada, III(3), 6–10. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-22