PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POHON BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Huswindi Dwi Aprillia Prasisilia Prasisilia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bahauddin Azmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23069

Keywords:

Kata kuci: media pembelajaran, media pohon baca, membaca permulaan

Abstract

Riset ini didorong oleh rendahnya kemampuan membaca anak yang disebabkan oleh beberapa variabel, antara lain kurangnya motivasi belajar dan tantangan dalam pengenalan huruf. Riset ini bertujuan untuk menilai dampak media pembelajaran pohon membaca terhadap kemampuan membaca siswa kelas satu SDN Keboananom Sidoarjo. Riset ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan kelompok kontrol posttest-only. Sampelnya ada dua kelas, yaitu kelas 1D yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan kelas 1C yang juga berisi 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dievaluasi secara statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya simpangan yang cukup besar antara kelas yang menggunakan media pohon baca dan kelas yang tidak menggunakan media pohon baca. Uji statistik menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa media membaca pohon berpengaruh terhadap kemampuan membaca pertama siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mustika, N. C., & Rakhman, Patra

Aghtiar rokhmanah, S. (2023).

Penggunaan Media Papan Susun

Kata Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca

Permulaan Kelas I Di Sd Negeri

Banjarsari 5. Jurnal Review

Pendidikan Dan Pengajaran, 6,

3397–3404.

Muthmainnah, A., Sofiana, N., &

Wiranti, D. A. (2023). Pengaruh

Metode Silaba Berbantuan Media

Papan Pintar Terhadap

Kemampuan Membaca

Permulaan Siswa. EL-Muhbib

Jurnal Pemikiran Dan Penelitian

Pendidikan Dasar, 7(2), 226–236.

Pane, A. I., Khairani, A., & Sembiring,

M. P. E. B. (2024). Problematika

Dan Solusi Rendahnya

Kemampuan Serta Minat

Membaca Siswa Kelas 3 Sdn

101765 Bandar Setia. NALAR:

Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 3(1), 23–28.

https://doi.org/10.56444/nalar.v3i1

.1529

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W.,

Asmara, A. S., DS, Y. N., &

Marshahifa, D. (2024).

Penggunaan Media Papan Flanel

Baca (Panelca)Terhadap

Kemampuan Membaca

Permulaan Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Buana Pengabdian, 6(1),

53–61.

https://doi.org/10.36805/jurnalbua

napengabdian.v6i1.6219

Rahayu, N., Mulyono, H., & Mary, T.

(2023). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Animasi

Menggunakan Articulate Storyline.

Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(1),

1764–1770.

https://www.jptam.org/index.php/j

ptam/article/download/5483/4595

Raldiastari, S., Azis, S. A., & Rahayu,

S. (2024). Pengaruh Penggunaan

Media Kemasan Makanan Ringan

Terhadap Kemampuan Membaca

Permulaan Siswa Kelas I SD

Inpres Tamattia. 2(2), 317–335.

Rofi’i, A., & Susilo, S. V. (2022).

Kesulitan Membaca Permulaan

pada Pembelajaran Bahasa

Inggris Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4),

1593–1603.

Romadhona, D. P. W., Norliana,

Misnawati, R., Nurachmana, A.,

Christy, A. N., & Mingvuanita, Y.

(2023). Implementasi dan

problematika gerakan literasi di

SD Negeri 2 Palangka. Journal of

Student Research (JSR), 1(1),

114–128.

Saleha, S., Sholehun, & Hafid, A.

(2021). Pengaruh Media Bagan

Pohon Terhadap Kemampuan

Membaca Permulaan Peserta

Didik Kelas Ii Sd Inpres 16

Kabupaten. 2, 24–36.

Sutikno, Musarofah, S.,

Galahatlambang, Y., Indira, E., &

Kholilurrahman, M. (2022).

Penguatan Literasi Sebagai

Upaya Pengembangan Sumber

Daya Manusia Desa Wonokromo

Lamongan. Jurnal Pengabdian

Masyarakat Akademisi, 1(1), 11–

16.

https://doi.org/10.59024/jpma.v1i1

.13

Zega, J. N., & Susanto, Y. N. (2024).

Media Pembelajaran Alam Dalam

Proses Belajar Mengajar.

Metanoia, 6(1).

https://doi.org/10.55962/metanoia

.v6i1.121

Downloads

Published

2024-12-31