PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POHON BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23069Keywords:
Kata kuci: media pembelajaran, media pohon baca, membaca permulaanAbstract
Riset ini didorong oleh rendahnya kemampuan membaca anak yang disebabkan oleh beberapa variabel, antara lain kurangnya motivasi belajar dan tantangan dalam pengenalan huruf. Riset ini bertujuan untuk menilai dampak media pembelajaran pohon membaca terhadap kemampuan membaca siswa kelas satu SDN Keboananom Sidoarjo. Riset ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan kelompok kontrol posttest-only. Sampelnya ada dua kelas, yaitu kelas 1D yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan kelas 1C yang juga berisi 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dievaluasi secara statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya simpangan yang cukup besar antara kelas yang menggunakan media pohon baca dan kelas yang tidak menggunakan media pohon baca. Uji statistik menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa media membaca pohon berpengaruh terhadap kemampuan membaca pertama siswa.Downloads
References
Mustika, N. C., & Rakhman, Patra
Aghtiar rokhmanah, S. (2023).
Penggunaan Media Papan Susun
Kata Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca
Permulaan Kelas I Di Sd Negeri
Banjarsari 5. Jurnal Review
Pendidikan Dan Pengajaran, 6,
3397–3404.
Muthmainnah, A., Sofiana, N., &
Wiranti, D. A. (2023). Pengaruh
Metode Silaba Berbantuan Media
Papan Pintar Terhadap
Kemampuan Membaca
Permulaan Siswa. EL-Muhbib
Jurnal Pemikiran Dan Penelitian
Pendidikan Dasar, 7(2), 226–236.
Pane, A. I., Khairani, A., & Sembiring,
M. P. E. B. (2024). Problematika
Dan Solusi Rendahnya
Kemampuan Serta Minat
Membaca Siswa Kelas 3 Sdn
101765 Bandar Setia. NALAR:
Jurnal Pendidikan Dan
Kebudayaan, 3(1), 23–28.
https://doi.org/10.56444/nalar.v3i1
.1529
Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W.,
Asmara, A. S., DS, Y. N., &
Marshahifa, D. (2024).
Penggunaan Media Papan Flanel
Baca (Panelca)Terhadap
Kemampuan Membaca
Permulaan Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Buana Pengabdian, 6(1),
53–61.
https://doi.org/10.36805/jurnalbua
napengabdian.v6i1.6219
Rahayu, N., Mulyono, H., & Mary, T.
(2023). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Animasi
Menggunakan Articulate Storyline.
Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(1),
1764–1770.
https://www.jptam.org/index.php/j
ptam/article/download/5483/4595
Raldiastari, S., Azis, S. A., & Rahayu,
S. (2024). Pengaruh Penggunaan
Media Kemasan Makanan Ringan
Terhadap Kemampuan Membaca
Permulaan Siswa Kelas I SD
Inpres Tamattia. 2(2), 317–335.
Rofi’i, A., & Susilo, S. V. (2022).
Kesulitan Membaca Permulaan
pada Pembelajaran Bahasa
Inggris Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4),
1593–1603.
Romadhona, D. P. W., Norliana,
Misnawati, R., Nurachmana, A.,
Christy, A. N., & Mingvuanita, Y.
(2023). Implementasi dan
problematika gerakan literasi di
SD Negeri 2 Palangka. Journal of
Student Research (JSR), 1(1),
114–128.
Saleha, S., Sholehun, & Hafid, A.
(2021). Pengaruh Media Bagan
Pohon Terhadap Kemampuan
Membaca Permulaan Peserta
Didik Kelas Ii Sd Inpres 16
Kabupaten. 2, 24–36.
Sutikno, Musarofah, S.,
Galahatlambang, Y., Indira, E., &
Kholilurrahman, M. (2022).
Penguatan Literasi Sebagai
Upaya Pengembangan Sumber
Daya Manusia Desa Wonokromo
Lamongan. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Akademisi, 1(1), 11–
16.
https://doi.org/10.59024/jpma.v1i1
.13
Zega, J. N., & Susanto, Y. N. (2024).
Media Pembelajaran Alam Dalam
Proses Belajar Mengajar.
Metanoia, 6(1).
https://doi.org/10.55962/metanoia
.v6i1.121
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.