ANALISIS KOMPETENSI PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNOLOGI KINERJA PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DENGAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA DALAM ORGANISASI

Authors

  • Nuramaliah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
  • H. Abd Haling Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
  • Nurhikmah H Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12263

Keywords:

Kompetensi, Teknologi Kinerja, Lulusan Teknologi Pendidikan

Abstract

Adapun tujuan dalam penetilian ini adalah untuk mengetahui kompetensi dalam pembelajaran tekonologi kinerja sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan program studi teknologi pendidikan dan mengidentifikasi kompetensi yang dibutuhkan untuk bekerja disuatu industri/organisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah teknologi kinerja dan stakehoalder dari suatu organisasi/industry. Berdasarkan hasil penelitian Analisis kompetensi pembelajaran mata kuliah teknologi kinerja pada program studi teknologi pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja dalam organisasi, kompetensi dalam mempelajari mata kuliah Teknologi Kinerja dapat membuka peluang untuk lulusan Teknologi Pendidikan bekerja disuatu organisasi/industri. Secara umum persyaratan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu technical skills dan employability skills. Lulusan perlu menerapkan prinsip-prinsip manajemen organisasi dan manajemen sumber daya manusia sebagai titik fokus dalam penggunaan teknologi kinerja. Ini berarti bahwa teknologi kinerja dapat digunakan untuk membantu mengelola dan mengoptimalkan sumber daya dan proses dalam konteks peningkatan kinerja, memahami teknologi kinerja dapat membantu lulusan teknologi pendidikan dalam mengembangkan kompetensi dalam pengelolaan pembelajaran, dengan fokus pada manajemen organisasi dan manajemen sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. 2017. Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan di Indonesia. Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam ’45: Bekasi. http://dx.doi.org/10.15294/ijcets. v3i1.8675

Asep Samsudin, Agus Setia Budi, Muhammad Dzulkifli. (2022). Analisis Tingkat Kompetensi Mahasiswa Terhadap Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Pada Dacum Chart Program Studi Teknologi Industri Pangan. Jurnal Jendela Dunia. Vol 2 No 3.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis hubungan kompetensi bahasa indonesia terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1–8.

Awaluddin, Fariz Ramadhan, Fithena Augusli Nelah Charty, Rama Salsabila, Mifta Firmansyah. 2021. Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar. Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), Vol. 2, No. 2.

Badar Nisma, Bakri Arniati. (2022). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan. Jurnal JBES: Journal Of Biology Education And ScienceeISSN: 2808-019X. Volume. 2. Nomor 2. April – Juli.

Beatriks Lasamahu1, Eveline Siregar, Moch Sukardjo. 2021. Online Learning with Project Based Learning Approach in the Human Performance Technology Course. Journal of Educational Research and Evaluation Volume 5, Issue 2, 2021, pp. 208-215 P-ISSN: 2597-422x, E-ISSN: 2549-2675.

Creswell, J. W. (2017). Research Design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. third edition. Pustaka Pelajar.

Dewi Salma Prawiradilaga & Uwes Anis Chaeruman. (2018). Modul Hypercontent Teknologi Kinerja (Performance Technology). Prenamedi Group.

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Cv Syakir Media Press.

Eri Susan. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume. 9, No. 2 Agustus 2019. P-ISSN: 2407-8107 E-ISSN: 2685-4538

Happy Fitria, 2013. Pengembangan Strategi Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional. “Melalui Seminar Pendidikan Nasional, Kita Tingkatkan dan Kembangkan Kemampuan, Inovasi, dan Kreativitas Pengimplementasian Kurikulum 2013 dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Menuju Tercapainya Sumber Daya Manusia yang Cerdas dan Profesional”. 28 Desember 2013.

Januszewski, Molenda, 2008. Educational Technology (a definition with commentary), New York: Lawrence Erlbaum Associates.

LinoHR. 2023. Tugas Training and Development Specialist di dalam perusahaan. URL: https://www.linovhr.com/tugas-training-and-development-specialist/ Diakses pada tanggal 15 Februari 2023.

Mislan Sihite, 2018. Peran Kompetensi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0: Suatu Tinajuan Konseptual. Jurnal Ilmiah Methonomi Volume 4 Nomor 2.

Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (2020). https://www.jogloabang.com/sites/default/files/dokumen/Permendikbud_3_2020_Standar_Nasional_Perguruan_Tinggi.pdf

Rudi Hartono, Hasbullah, Sutomo. 2022. Teknologi Kinerja. Widina Bhakti Persada Bandung.

Rudini1, Muhammad Kasran, Suparni Sampetan. 2023. Pengaruh Softskill dan Hardskill Terhadap Kinerja Karyawan. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan PublikUniversitas Bina Taruna GorontaloVolume 10 Nomor 2.

Rohana, Yusrizal, Tarmizi. 2022. Korelasi Nilai Kognitif, Psikomotor dan Afektif pada Mata Kuliah Fisika Dasar II Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2017. Journal of Technology and Literacy in Education. Vol 1 Issue 1 January 2022: 5-13

Sabilla Irwina Safitri, Dwi Saraswati, Esa Nur Wahyuni. 2021. Gestalt Theory (Improve Learning Outcomes Through The Understanding Process). At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021P-ISSN: 2579-625.

Samsudin, A., Antika, E., & Dzulkifli, M. 2020. The Relevance of Dacum Chart to the Updated Semester Learning Plan of Food Industry Technology Study Program Politeknik Negeri. Jember in the Academic Year of 2020. Proceedings of the First International Conference on Social Science, Humanity, and Public Health (ICOSHIP 2020), 45–49. Atlantis Press.

Sessaria Ghassany Badzlina Islamy, 2016. Relevansi Mata Kuliah Keahlian (MKK) Program Studi Teknologi Agroindustri Dengan Kompetensi Yang Dibutuhkan Industri Pangan. Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

Sri Wahyuni, A. Nidaul Magvira Nasrun, Ilham Taufik. 2022. Persepsi Mahasiswa UNM 2019 Terhadap Pelaksanaan E-Learning pada MataKuliah Teknologi Kinerja. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication. Volume 2. Hal. 141-146 p-ISSN: 2808 – 8050, e-ISSN: 2774 – 8405

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Susanti, R. 2019. Persepsi mahasiswa tentang pentingnya keterampilan dasar mengajar bagi kompetensi lulusan Teknologi Pendidikan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Syahrul Ramadhan. 2021. Analisis Keterserapan Lulusan Strata Satu Teknologi Pendidikan Dalam Dunia Kerja. Universitas Negeri Makassar.

Downloads

Published

2024-02-29