IMPLEMENTASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA WIRA DI SMA KRISTEN PENABUR CIREBON TAHUN AJARAN 2023-2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12230Keywords:
Ekstrakurikuler, PMR (Palang Merah Remaja), Dimensi Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan Ekstrakurikuler PMR di SMA Kristen Penabur Cirebon Jawa Barat tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa peserta Ekstrakurikuler PMR, seorang pembina/manager ekstrakurikuler PMR, dan pelatih PMR dari PMI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan model sirkuler. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Ekstrakurikuler PMR di SMA Kristen Penabur Cirebon tahun Pelajaran 2023/2024 mampu mengimplementasikan Dimensi Profil Pelajar Pancasila (beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.) melalui pelatihan rutin, diskusi serta tukar pikiran, praktik langsung lapangan, dan kolaborasi dengan esktrakurikuler lain. Faktor yang mendorong hal tersebut adalah sarana dan prasarana yang memadai, metode dan aktualisasi pelatihan, minat peserta didik, dan tingginya kebutuhan anggota PMR di lapangan dan lingkungan sekitar. Namun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yakni jam ekstrakurikuler yang singkat dan terlalu sore, kegiatan sekolah yang padat, kedisplinan peserta didik, dan kendala pelatih yang tidak bisa melatih PMR karena bersamaan dengan kegiatan lain.Downloads
References
Al-Amin, M. I. (2022, January 19). Gotong Royong Adalah Kerja Sama Tolong Menolong, Ini Penjelasannya. Retrieved Maret 26, 2023, from katadata.co.id: https://katadata.co.id/safrezi/berita/61e7c4a44a0ab/gotong-royong-adalah-kerja-sama-tolong-menolong-ini-penjelasannya
Alfauzi, R. D., & Muthali'in, A. (2023). Penguatan Civic Responsibility dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 459-468.
Agustina, R. (2021, September 20). Pengaruh Keaktifan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (Pmr) Terhadap Pembentukan Keterampilan Sosial Siswa Di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/: http://repository.iainbengkulu.ac.id/6475/
Astuti, I. (2017). Peran PMR (Palang Merah Remaja) Membangun Generasi Pancasila. Jurnal Integralistik, 131-139.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Fajarwati, R., Triyanto, & Hartanto, R. V. (2023). 3. Implementing The Caring Character Education Reinforcement Program Through Young Red Cross Activities . Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 4163-4169.
Farantika, D., Insan, R., & Qoidah, N. (2022). Learning Loss Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (pp. 44-55). Malang: Universitas Negeri Malang.
Febrianti, Mahmud, M., & Hifid, R. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 1535-1551.
Horne, H. H. (2021). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi.
Idris, S. (2017). Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam pendidikan Islam). Yogyakarta: Darussalam Publishing.
Indarta, Y., Julinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Pendidikan, 3011-3024.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumail : Jurnal Pendidikan, 1224-1238.
JDIH BPK RI. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Retrieved Maret 12, 2023, from peraturan.bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138192/permendikbud-no-20-tahun-2018#:~:text=Permendikbud%20No.%2020%20 Tahun%202018,Pendidikan%20form%20%5B JDIH%20BPK%20RI%5D
JDIH BPK RI. (n.d.). UUD 1945 dan Amandemen. Retrieved Maret 27, 2023, from peraturan.bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/101646/uud-no--
JDIH Kemendikbud. (n.d.). Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014. Retrieved Maret 27, 2023, from jdih.kemdikbud.go.id: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%2062%20Tahun%202014.pdf
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 138-151.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022, Juni). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved Maret 22, 2023, from kurikulum.kemdikbud.go.id: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Pengertian Profil Pelajar Pancasila. Retrieved Maret 22, 2023, from pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id: https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/profil-pelajar-pancasila/fase-a/
KompasTV Jawa Tengah. (2022, Agustus 19). Banyak Guru yang Belum Paham Kurikulum Merdeka. Retrieved Maret 11, 2023, from www.kompas.tv: https://www.kompas.tv/article/320427/banyak-guru-yang-belum-paham-kurikulum-merdeka
Lestari, I., & Zakiah, L. (2019). Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Eratama Karya Abadi.
Muliani, M., Sumarnie, & Radiafilsan, C. (2022). Manajemen Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR). Equity In Education Journal, 36-41.
Nurhayati, Setiyowati, R., & Nurmalisa, Y. (2021). Bhinneka Tunggal Ika As A National Consensus And A Universal Tool Of The Indonesian Nation. Journal Of Etika Demokrasi, 254-263.
Palang Merah Indonesia Pusat. (2008). Mengenal Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah INternasional. Jakarta.
Rachmi, C. N., Wulandari, E., Kurniawan, H., Wiradnyani, L. A., Ridwan, R., & Akib, T. C. (2019). Panduan untuk Fasilitator: Aksi Bergizi, Hidup Sehat Sejak Sekarang untuk Remaja Kekinian. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Setiawati, Ismaniar, & Nur'aini. (2020). Model Pendidikan Keluarga Dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka :Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal Of Education, 185-201.
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Eratama Karya Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.