IMPLEMENTASI TIK SEBAGAI SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Heni Febrina Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah
  • Yanti Fitria

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11811

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pemanfaatan TIK sebagai sumber belajar dan media pembelajaran dapat dicapai melalui pemanfaatan perangkat komputasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran yang inovatif. Penggunaan sumber informasi dan media tersebut diharapkan dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, dan perhatian siswa, serta memperlancar proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan TIK sebagai media pembelajaran membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif karena dapat mengatasi kendala-kendala berikut dalam proses komunikasi antara guru dan siswa seperti hambatan fisiologis, psikologis, budaya, dan lingkungan. Jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK lainnya yang dapat digunakan guru sekolah dasar dalam proses pembelajaran antara lain (1) komputer, (2) proyektor LCD, (3) Internet, (4) CD pendidikan, dan (5) Email dan (6) presentasi PowerPoint. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK, antara lain dengan mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar terkait TIK, pengembangan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran menggunakan TIK, dan studi banding di sekolah. Kata Kunci: Sumber Belajar, Media pembelajaran, TIK, Pemeblajaran tematik, Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diharjo, R. F., Budijanto, & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya kemampuan berfikir kritis siswa dalam paradigma pembelajaran konstruktivistik. In Prosiding TEP & PDs (Vol. 4, Issue 39, pp. 445–449). Universitas Negeri Malang.http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/899/571

Fauziyah, D. (2004). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. In Prosiding seminar nasional pendidikan Ekonomi, hlm 49-59, universitas negri yogyakarta (pp. 49–59).

Fauzan, A., Rispawati, R., & Salam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 12-21.

Kurniawansyah, E., Fauzan, A., & Mustari, M. (2023). Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Sumbawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1175-1179.

Rispawati, R., Fauzan, A., Salam, M., & Dahlan, D. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Pkn, 9(1), 1-12.

Winarno. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. In Bumi Aksara. PT Bumi Aksara.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. (2006).

Mulyasa. (2016). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja rosdakarya Hal 78. Remaja Rosdakarya.

Yulianto, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Model Problem Based …. In Basic Education. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1142

Hendracita, N. (2001). Model Model Pembelajaran Sd. Bumi aksara.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi Paikem. cet. ke-5. In Pustaka Pelajar. Yogyakarta. pusaka belajar.

Lie, A. (2003). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning. Pustaka Media.

Khoirul, A. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. pustaka pelajar.

Waluya, B. (2018). Proses Belajar Mengajar Ho. In marine Science Bulletin. PT Bumi aksara.

Handayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarya. ghalia indonesia.

Sandu Siyoto, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Jensen. (2021). Pembelajaran Berbasis Otak; Paradigma Pengajaran baru. PT Indeks.

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. In Biosel: Biology Science and Education (Vol. 2, Issue 2). kencana prenada media Group. https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Penerbitan Bandung : Afabeta, EDISI Ed. 2. Cet. 3.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif . Badan Penerbit Alfabeta , Bandung. 2018.

Ngadilah. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Gramedia.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Askara.

Downloads

Published

2023-12-31