PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN LITERASI SEKOLAH DI SDN KUBANGJATI 02 (PGMLS)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11757Keywords:
Peran Guru, Gerakan Literasi Sekolah, SDN Kubangjati 02Abstract
Dua tahun terakhir nilai ANBK siswa Kelas 5 SDN Kubangjati 02 merah,sekitar bulan Oktober tanggal 3-5 SDN Kubangjati 02 di panggil oleh Balai Besar Penjaminan Mutu pendidikan ( BBPMP) , Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) di kelas V SDN Kubangjati 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif naratif. Objek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas V SDN Kubangjati 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan wawancara. Teknis analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, verifikasi data, dan kondensasi data. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru dalam gerakan literasi sekolah (GLS) sudah terlaksana sesuai dengan program pemerintah yang terdiri dari tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan, dan tahapan pembelajaran. Peran guru yang sudah dilaksanakan dalam tahapan pembiasaan diantaranya, membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, menata sarana prasarana dan lingkungan kaya literasi, menciptakan lingkungkan dengan bernuansa literasi Dan peran guru dalam tahapan pengembangan yang sudah dilaksanakn diantaranya, membaca terpadu, membaca bersama,numerasi klasikal, berdiskusi tentang buku.pada tahapan pembelajaran di laksanakan belajar berpasangan dalam mengembangkan literasi dan numerasi dan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran di SDN Kubangjati 02.Downloads
References
Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Agustiniari, L. P., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Al Mosawi, A. K. (2016). Bodily-Kinesthetic Intelligence and its Relation with the Classroom Environment of Kindergarten Children at the Age of 4-6 Years. Sciences Journal Of Physical Education, 9(4), 267-277.
Amilia, Fitri. 2018. “Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Sekolah”. Prosiding Seminar dan Workshop Nasional. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Chiu, S.-I., Lee, J.-Z., & Huang, D.-H. (2004). Video Game Addiction in Children and Teenagers in Taiwan. CyberPsychology & Behavior, 7(5), 571-581. https://doi.org/10.1089/cpb.2004.7.571
Daniels, Elizabeth., Mandleco, Barbara., Luthy, K. E. (2012). Assessment, management, and prevention of childhood temper tantrums. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners, 24(10), 569–573. https://doi.org/10.1111/j.1745-7599.2012.00755.x
Dewi, L. K., Oktaviani, N. P. S., & Arsadi, P. E. (2020). Filsafat Ketuhanan Dalam Yoga Darsana. Vidya Dar’An: Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 1(2), 1-12.
Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta.
Elliot, A. J. (2006). The Hierarchical Model of Approach-Avoidance Motivation. Motivation and Emotion, 30(2), 111-116. https://doi.org/10.1007/s11031-006-9028-7
Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Prenadamedia.
Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Suai Dini, 2(01), 27-36.
Fauziah, Dewi Utama dkk. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Fazila. 2020. Peran Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan literasi Siswa Kelas V di MIN 7 Pidie Jaya. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate. Research in Education 8th Edition. McGraw-Hill Higher Education.
Gail, Ellis., Brewster, Jean, & Mohammed, Sue. (1991). Storytelling Handbook for Primary Teachers. England: Penguin.
Herawati, N. I. (2011). Menghadapi Anak Usia Dini yang Temper Tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3(No 2 (2012)). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10338
Hewi, L. A. (2015). Kemandirian usia dini di suku bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Islamiah, Fajriyatul., Fridani, Lara., Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132
Jariah, Siti & Marjani. 2019. “Peran Guru dalam gerakan Literasi Sekolah”. Prosiding Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI. Palembang.
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Pilgreen, J. (2000). The SSR Handbook: How to Organize and Manage a Sustained Silent Reading Program. Portsmouth, NH: Heinemann Boynton/Cook Publishers.
Rokian, Ajmal. 2014. Sejarah, Khasanah Budaya dan Potensi Banyuasin. Pangkalan Balai: Dinas Seni Budaya dan Olahraga. 8. Undang-undang No.6 tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Banyuasin di Propinsi Sumatera Selatan
Widayoko. 2018. “ Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan Pendekatan Goal-Based Evalation”. Jurnal Tafsqif Vol.16 No.1, jlm 78-92 https://doi.org./1020414/jtq.146i. 134
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.