AJARAN TRI N TERINTEGRASI STEM PADA PROJEK FLOATING HOUSE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Authors

  • Desi Ambarsari Pasca Sarjana Pendidikan Dasar UST
  • Ana Firotun Nisa Magister Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11469

Keywords:

Tri N teachings, STEM, floating house, critical thinking, elementary school students

Abstract

Abstract This research was motivated by students' low critical thinking skills, this was proven during discussions, students were not used to expressing opinions and solving simple problems, therefore action needed to be taken to overcome these problems. This research aims to describe the learning innovation carried out, namely the implementation of Tri N teachings integrated with STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) in the floating house project in improving elementary school students' critical thinking skills. This research uses a qualitative descriptive research method. The informants for this research consisted of teachers and students of class VI A at State Elementary School in Yogyakarta, totaling 28 students. Data collection techniques in this research used interviews, observation and documentation. The data analysis technique in this research uses qualitative descriptive analysis techniques. The research results show that Tri N teachings integrated with the STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) approach in the floating house project can improve elementary school students' critical thinking abilities. Students' creativity in designing floating houses is also honed, as can be seen from the products produced which vary greatly in terms of shape, coloring and materials used. The action taken begins by providing problems that are closest to students and often occur in the environment around the school. Residential areas around the banks of the Gajah Wong River are often flooded when the rainy season arrives. Students work in groups to discuss solving these problems and create a miniature floating house project. The results of the students' findings were tested for success levels and presented in front of the class. Students critically respond to the findings of other groups. With Tri N's integrated STEM learning, it can improve students' critical thinking skills. Keywords: Tri N teachings, STEM, floating house, critical thinking, elementary school students ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini terbukti saat diskusi siswa belum terbiasa menyampaikan pendapat dan memecahkan masalah sederhana, untuk itu perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran yang dilakukan yaitu implementasi ajaran Tri N terintegrasi dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada projek rumah apung (floating house)  dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas VI A SD Negeri di Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan tenik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajaran Tri N yang terintegrasi dengan pendekatan  STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada projek rumah apung (floating house) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Kreativitas siswa dalam merancang rumah apung juga terasah, terlihat dari produk yang dihasilkan sangat bervariasi dari segi bentuk, pewarnaan, dan bahan yang digunakan. Tindakan yang dilakukan diawali dengan memberikan permasalahan yang terdekat dengan siswa dan sering terjadi di lingkungan sekitar sekolah.  Pemukiman warga di sekitar bantaran Sungai Gajah Wong sering terendam banjir saat musim hujan tiba. Siswa berkelompok untuk berdiskusi memecahkan permasalahan tersebut dan membuat projek miniatur rumah apung (floating house). Hasil penemuan siswa tersebut diujicoba tingkat keberhasilannya dan dipresentasikan di depan kelas. Siswa secara kritis memberikan tanggapan terhadap penemuan kelompok lain. Dengan pembelajaran STEM terintegrasi Tri N yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Ajaran Tri N, STEM,  floating house, berpikir kritis, siswa SD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118

Arikunto. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryati, Mimin. (2007). Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press

Herak, R., & Lamanepa, G. H. (2019). Meningkatkan kreatifitas siswa melalui STEM dalam pembelajaran IPA. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 4(1), 89–98. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/1047

Hermansyah. (2020). Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Berbantuan Ict Dalam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5, 129–132.

Nisa, A.F. Prasetyo, Z.K. & Istiningsih. (2019). Tri N (niteni, niroake, nambahake) dalam mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. ẽl-Midad, 11(2), 101 -116. doi:10.20414/elmidad.v11i2.1897.

Nisa, A. F., Oktarina, E., Saputra, W. D., Qomah, I., Fajarundin, M., Eko, Suharyanto, A. M., Santoso, A., Kholisoh, S. (2022). Inovasi Pembelajaran IPA SD Terintegrasi Ajaran Tamansiswa. Yogyakarta: Nuta Media.

Pardimin., Nisa, A. F., Hikmah, N. (2022). Inovasi desain pembelajaran berbasis tri-n terintegrasi dengan STEAM dan design thinking dalam mengembangkan keterampilan abad 21 Siswa SD. Yogyakarta: UNY Press.

Prafitasari, F., Sukarno, S., & Muzzazinah, M. (2021). Integration of Critical Thinking Skills in Science Learning Using Blended Learning System. International Journal of Elementary Education, 5(3), 434–445. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.35788

Purwaningsih, W. & Wangid, M.N. (2021). Improving students’ critical thinking skills using time bar media in mathematics learning in the third-grade primary school. Jurnal Prima Edukasia. 9 (2). 248-260. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v9i2.39429

Satriani, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Mengintegrasikan Pendekatan Stem Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 1(1), 207–213. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/689

Setyono, Budi. (2005). Penilaian Otentik dalam Kurikulum Berbasis KompetensiJ. Jurnal Pengembangan Pendidikan LP3. Universitas Jember.

Sibyan, A.L. Setyawan, D.N. Ernawati, T. & Ayuningtyas, A.D. (2019). Implementasi Ajaran Ki Hadjar Dewantara (Niteni, Nirokke, Nambahi) Dalam Lembar Kerja Peserta Didik. Journal of Natural Science Education. 2(2), 198-206.

SUWARDI, S. (2021). Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi Era Merdeka Belajar Abad 21. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.337

Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suwito Singgih, Nuryunita Dewantari, S. (2020). Stem Dalam Pembelajaran Ipa Di Era Revolusi Industri 4. 0. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(1), 299–304.

Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-21