MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA, BERBICARA SERTA KARAKTER MELALUI GROUP MAPPING ACTIVITIES DENGAN MEDIA PIRAMIDA CERITA

Authors

  • Utami Andarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Laras Wati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Eka Puspawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Anang Sudigdo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Wijaya Heru Santosa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11331

Keywords:

reading, speaking, character

Abstract

The aim of this research is to develop reading and speaking skills and foster self-confident character through group mapping activities strategies in fourth grade elementary school students. The population in the study were fourth grade elementary school students in Rongkop District with a sample of KR State Elementary School and PT State Elementary School in the 2023/2024 school year. The research method used is a mix method with data collection techniques using observation, documentation, written tests and performance. The results of the research are the development of reading and speaking abilities in fourth grade elementary school students as well as increasing self-confidence through group mapping activity strategies using story pyramid media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sd. Bekasi: Media Maxima.

MIN, S. K. V. Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Pemanfaatan Media Piramida Cerita.

Anggraini, R., & Hariani, S. Pengaruh Penggunaan Media Piramida Cerita Terhadap Pembelajaran Menuliskan Kembali Isi Cerita Di Kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya.

Jayanti, M. (2019). Penerapan Media Visual Berbentuk Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Sriyono, S., & Saring Marsudi, S. H. M. (2013). Penerapan Media Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Listyarini, D. W. (2013). Penggunaan Media Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Kelas III SDN Bedalisodo 03 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Nasrin, N. N., & Sriwulandari, Y. A. (2021, October). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 1, No. 1, pp. 493-507).

Yusuf, M. (2021). Pendidikan holistik menurut para ahli.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Muliati, I., & Rezi, M. (2018). Tujuan pendidikan dalam lingkup kajian tafsir tematik pendidikan. ISLAM TRANSFORMATIF: Journal of Islamic Studies, 1(2), 177-190.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73.

Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(4), 74-78

Tseng, SS (2020). Menggunakan kegiatan pemetaan konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di salah satu SMA di Taiwan. Peneliti Pendidikan Asia Pasifik , 29 (3), 249-256.

Arimbi, Y. D., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). Meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan mind mapping. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 119-126.

Suprayogi, S., Samanik, S., & Chaniago, E. P. (2021). Penerapan Teknik Mind Mapping, Impersonating dan Questionning dalam Pembelajaran Pidato di SMAN 1 Semaka. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 33-40.

Rejo, U., & Kharisma, G. I. (2021). Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Penulisan Kreatif Teks Cerita Pendek di SMP Negeri Kota Baru Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 52-60.

Sholichah, L. A. M., & Sukidi, M. (2011). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Piramida Cerita Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 254155

Downloads

Published

2024-03-04