PEMANFAATAN APLIKASI CANVA BERBASIS AJARAN TAMANSISWA TRI-N BERTEMAKAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI WIRAUSAHA SISWA KELAS VI SD NEGERI GARONGAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11216Keywords:
canva, tri-n, kearifan lokal, wirausahaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memaparkan pemanfaatan aplikasi Canva berbasis ajaran Tamansiswa Tri-N bertemakan kearifan lokal pada materi wirausaha siswa kelas VI SD Negeri Garongan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Garongan, Kulon Progo yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Instrumen tes menggunakan lembar soal tes keterampilan pembuatan poster melalui Canva. Instrumen non tes menggunakan lembar pengamatan, angket, dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini terdapat 100% siswa termasuk kategori tinggi dalam membuat poster wirausaha. Berdasarkan angket, terdapat 95,5% siswa sangat bersemangat dalam belajar dan sisanya merasa bersemangat.Downloads
References
Amanda, S., Jumadi, J., & Sufyadi, S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Poster Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Viii pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 24. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 598-607.
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).
Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode penelitian kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Basuki, B. (2023). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif.
Kharissidqi, M.T. and Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), Pp.108-113.
Kun Marjanto, D. (2013). Kearifan Lokal Dan Lingkungan. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Kebudayaan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Ma’sum, A. (2014). Profil Kemampuan Penalaran Matematis siswa dalam menyelesaikan bangun ruang sisi lengkung. Prodi Pendidikan Matematika. STKIP Jombang.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan abad 21: Kompetensi digital pendidik masa depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).
Rahmawati, A. (n.d.). PENDIDIKAN DAN KEARIFAN LOKAL DI ERA DIGITALISASI: HARAPAN DAN TANTANGAN DI MASA MENDATANG.
Roma, N. L., & Thahir, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sebagai Media Pembelajaran IPA. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 181-186.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159-166.
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 128.
Wiryopranoto, S. (2017). “Perjuangan Ki Hajar Dewantara : Dari Politik Ke Pendidikan”. Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.
Zulfiati, H. M. (2018). Sistem Among Ki Hajar Dewantara Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhamamdiyah Cirebon, 311–322.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.