PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE-PLAYING DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nina Sofiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Hilda Arta Dwi Antika Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dwiana Asih Wiranti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11176

Keywords:

Keterampilan menyimak, Model Pembelajaran Role Playing, Media Wayang Kertas

Abstract

Keterampilan menyimak adalah landasan penting bagi siswa sebelum membaca, berbicara, dan menulis. Namun di sekolah dasar keterampilan menyimak siswa tidak begitu diperhatikan sehingga yang terjadi adalah pencapaian siswa dalam keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran role-playing dengan mempergunakan media wayang kertas terhadap ketrampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri 1 Mayonglor. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif menggunakan metode Pre-Experimental Research Design dengan model one-group pretest dan posttest. Sampelnya berjumlah 17 siswa kelas V dengan penggunaan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis menggunakan uji T serta uji regresi sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test siswa setelah penggunaan model pembelajaran role playing dan media wayang kertas. Nilai rata–rata siswa dalam pre-test sebesar 61.47 naik menjadi 80.29 dalam post-test. Kemudian hasil dari uji T menunjukkan nilai Thitung= 10,799 serta Ttabel = 2,120 pada tingkat signifikan 0,05. Karena Thitung > Ttabel (10,799 > 2,120) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maknanya adalah  bahwa model pembelajaran role-playing ini dengan menggunakan media wayang kertas berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menyimak siswa, dengan variabel (X1) dan (X2) memberikan kontribusi sebesar 94,3% terhadap (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arasy, Z., & Zulfahmi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Mis Muhammadiyah Rambai Kota Pariaman. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 10(1), 15–29.

Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, Vol. 3, 266–270.

Astuti, S., & Amri, N. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Reseptif Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Papan Flanel. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(2), 214–220.

Budiman, N. A., & Sriyanto, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Melalui Media Audio Visual Pada Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 101.

Deliyana, E., & Fitriani, H. S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri Sukasari Ii Kabupaten Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 31.

Julia, C., Saputra, E. R., Wiranti, D. A., & Kunci, K. (2022). Penggunaan Media Berbasis Ict Dengan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Tunas Nusantara, 4(1), 449–457.

Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 1–14.

Mila, M., & Anafiah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Di Sd 1 Petir Piyungan Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2), 1145–1150.

Mukodas, M., & Mubarock, W. F. (2020). Efektivitas Mendongeng Melalui Media Wayang Kertas Di Rumah Baca Sang Pembelajar. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 41.

Nina, S., & Husni, M. (2019). Task-Based Learning; Learning Model for Improving Students Ability in English. 287(Icesre 2018), 123–130.

Nur Haqiqi, & Benny Angga Permadi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema I Subtema I Di Mi The Noor. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 164–172.

Rawung, J. J., & Merentek, R. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jennej J. Rawung 1 , Risal M. Merentek 2 Dosen Prodi PGSD FIP Universitas Negeri Manado. 8(20), 60–64.

Rezky, Y., Kadir, A., Karmila, W., Achmad, S., Faisal, M., & Berbicara, K. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kota Makassar. 3(1), 142–155.

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261.

Downloads

Published

2023-12-20