DEGRADASI PENGGUNAAN DAN PEMAHAMAN BAHASA JAWA KRAMA DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN 2 KUANYAR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA JAWA TENGAH)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10932Keywords:
Kata Kunci: Bahasa Jawa, Krama, Ngoko, Peserta Didik, Sekolah Dasar.Abstract
Pergeseran signifikan dalam kebiasaan dan preferensi bahasa di kalangan peserta didik, telah memicu kekhawatiran akan keberlanjutan dan pelestarian bahasa Jawa krama sebagai bagian integral dari identitas budaya dan linguistik mereka. Dengan menurunnya kemahiran bahasa krama, aspek fundamental dari warisan budaya mereka terancam mengalami degradasi yang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penurunan penggunaan dan pemahaman bahasa Jawa krama di SDN 2 Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus sebagai jenis penelitian. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner angket kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan yang signifikan dalam penggunaan dan pemahaman bahasa Jawa krama di kalangan peserta didik di sebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan sosial dan pengaruh teknologi, faktor individual, dan globalisasi. Hasil analisis data, diperoleh rata-rata skor penggunaan dan pemahaman bahasa Jawa krama sebesar 43,19 dengan mayoritas pesentase paling banyak yaitu 70,15% peserta didik berada dalam kategori kurang. Hal ini mengindikasikan perlunya intervensi yang komprehensif dari untuk memperkuat penggunaan dan pemahaman bahasa krama di kalangan peserta didik, serta kesadaran akan pentingnya melestarikan bahasa sebagai identitas budaya lokal di tengah arus globalisasi yang terus berkembang.Downloads
References
Aan Sutisna. (2018). Buku Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: UNJ Press.
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Azizah, D. D., Subrata, H., Surabaya, U. N., & Surabaya, U. N. (2022). Implementasi Bahasa Jawa Krama Inggil pada Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar di Wilayah Trenggalek. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2).
Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18529
Desfriyati, D., Nur Indah, A. P., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Menanamkan Sikap Budaya Lokal di Era Globalisasi pada Anak SD. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 128–133. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3504
Diana, E., & Khotimah, N. (2021). Pengaruh Pembiasaan Orangtua Dalam Menanamkan Bahasa Jawa Krama Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Mirigambar Tulungagung. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(2), 83–99. https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.579
Edi Sarwo, Hartati Oemi, Suparto Diryo Suparto, Marzaeni Maulidia. (2022). Degradasi Penggunaan Bahasa Daerah (Jawa Krama) Dalam Interaksi Antara Orang Tua Dan Generasi Milenial Di Kota Tegal, Jurnal Egaliter, 6 (11), 40-54.
Hakim Abdul. (2017). Penelitian Kualitatif Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak..
M. Suryadi, M. S. (2017). Faktor Internal Lemahnya Penguasaan Bahasa Jawa Krama pada Generasi Muda. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 12(4), 227. https://doi.org/10.14710/nusa.12.4.227-237
Masjid, A. Al, & Nugraheni, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Unggah-Ungguh Ragam Krama Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas Iv Sd N Kleteran 3. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8395
Misbahuddin, Pembiasaan Berbahasa Krama Inggil Sejak Dini, Menguatkan Kembali Peran Kearifan Lokal Untuk Pembentukan Karakter Anak. Rahmatan Lil Alamin Journal of Peace Education and Islamic Studies, 21. 1(1), 21–28 pISSN 2622-089X eISSN 2622-0903.
Na, M. A., & Marzuqoh, E. L. (2023). Pelestarian Bahasa Jawa Halus ( Krama Inggil ) pada Anak sebagai Bentuk Pemberdayaan Bahasa Lokal dan Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa di Desa Kedungbanjar Sambeng Lamongan. SANTRI: Jurnal of Student Engagment, 02, 30–44.
Pranowo. (2018). Basa Jawa Krama Alus lan Santun. Yogyakarta: Dinas Kebudayaan.
Puspitasari Fina Dwi Anisa (2017). Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Jawa Ragam Krama Siswa Smp Negeri 40 Semarang. Piwulang Jawi: Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(1), 28-33.
Ratnasari, K. N., & Jadmiko, R. S. (2018). Analisis Penggunaan Bahasa Krama Inggil Dari Orangtua Terhadap Nilai Kesopanan Anak Di Desa Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 152–160. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.20292
Salamah, U., Herlin, L., Jawa, B., & Sopan, K. (2022). Habituasi Bahasa Jawa Krama Pada penutupan pembelajaran untuk membentuk karakter sopan santun di RA Salafiyah Margomulyo berjalan dengan baik. Alzam-Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume: 2 Nomor: 1 hlm: 1 5-23.
Syafril, D. M., Eldarni, D. M. P., & Rahmi, Ulfia, D. M. P. (2018). Teknologi Pendidikan (Peningkatan Kualitas dan Akses Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group. 209.
Triyanto, S. (2022). Pergeseran dan Pemertahanan Kosakata Ngoko Krama Isolek Bahasa Jawa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1475. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1043
Usnantika, U., Burhanuddin, A., & Ardhyantama, V. (2020). Analisis keterampilan berbicara menggunakan bahasa Jawa krama inggil pada siswa kelas II SD Negeri III Karanggede. 18–19.
Wiranti, D. A., Afrianingsih, A., & Mawarti, D. A. (2019). Bahasa Jawa Krama Sebagai Fondasi Utama Perkembangan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4040
Wiranti, D. A., & Munir, M. M. (2019). Pelatihan Metode Pembelajaran Bahasa Jawa Krama untuk Usia Dini Bagi Guru RA dan MI. Journal of Dedicators Community, 3(2), 156–169. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i2.876
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.