MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Ani Suryani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Garut
  • Ani Siti Anisah
  • Nurdin Muhamad

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11160

Keywords:

matematika, pecahan, problem based learning

Abstract

Banyak siswa yang salah paham tentang materi yang berkaitan dengan pecahan. Saat mempelajari pecahan, siswa Kelas IV menghadapi tantangan pembelajaran didaktis dan epistemologis. Tidak sedikit siswa kelas IV SDIT AR-RASYID Cikajang yang memerlukan remediasi saat ujian karena kurangnya keahlian pecahan di kelas matematikanya. Pengajaran yang berpusat pada guru, sehingga sangat mengurangi jumlah partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil pre-test menunjukkan bahwa hanya 40% siswa yang mencapai KKM, 60% siswa pada siklus I, dan 80% siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan pemahaman materi pecahan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konten yang berhubungan dengan pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, U., & Saefudin, A. aziz. (2017). Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ali Hamzah dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriningtyas. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. KJPM.

Deringöl, Y. (2019). Misconceptions of primary school students about the subject of fractions. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.16290

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Hariyani, M., Herman, T., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2022). International Journal of Educational Methodology Exploration of Student Learning Obstacles in Solving Fraction Problems in Elementary School. International Journal of Educational Methodology, 8(3), 505–515.

Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354

Hopkins. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Kemendikbud. (2019). Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mahyudin, M. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Media Kongkrit (Buah Apel) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Pecahan Pada Kelas Iv Sdn Lendang Ara Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral Dissertation, Universitas Mataram).

Marzuki, M. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Perbandingan Pecahan dengan Media Origami pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Jangka. None, 5(1), 51-55.

Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137

Puno, N. M. (2017). Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membandingkan Dan Mengurutkan Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make-A Match) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 10 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, 1(151413192).

Rheinberger, H.-J. (2005). Gaston Bachelard and the Notion of “Phenomenotechnique.” Perspectives on Science, 13(3), 313–328. https://doi.org/10.1162/106361405774288026

Rohimah, S. M., Darta, D., & Anggraeni, R. I. (2022). Analisis Learning Obstacles pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 171–180. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6386

Ruseffendi, E.T. (1979). Dasar-dasar Matematika Modern untuk Guru Edisi Ketiga. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2706

Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Dan Prosedur. Jakarta: Kencana.Sukardi. (2022). Metode Penelitian Tindakan Kelas: Implementasi Dan Pengembangannya. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Shadiq. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Cv.Afabeta.

Wardah, N.S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Boyolali: Lakeisha.

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 69-87.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584-3593.

Downloads

Published

2023-12-07