PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA MEDIA FLASH PRO 8 UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

Authors

  • Maherani Maherani Universitas Mataram
  • Muh. Makhrus Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Zuhdi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram
  • Kosim Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11041

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash Pro 8, Penguasaan Konsep

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis macromedia Flash Pro 8 dengan hasil akhir produk berupa media yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik. Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran interaktif berbasis macromedia Flash Pro 8. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan soal pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA 2 MA Darul Hikmah. Hasil penelitian berupa media pembelajaran dengan rata-rata hasil validasi ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 3,33 dan 3,42 berada pada kategori sangat baik, serta rata-rata hasil data respon peserta didik sebesar 89,64% dengan kategori sangat baik untuk peningkatan penguasaan konsep fisika peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash Pro 8 valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran dan terbukti mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Karya.

Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. (2015). Mataram : FKIP UNRAM.

Hake. R.R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousend-Student-Survey of mechanis Test data for Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics. 66 (1). 66-74.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (20. 115-127.

Ridwan. (2013). Skala-Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Silaban, B. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang pendidikan. 5 (1). 65-67.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-03