PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11012Keywords:
Media Pembelajaran, Wordwall, Aljabar.Abstract
Kurang optimalnya proses pembelajaran serta minimnya pemanfaatan media pada pembelajaran matematika menyebabkan munculnya permasalahan berupa rendahnya hasil kognitif matematis pada siswa yang berpengaruh pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga diperlukan adanya solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada pembelajaran matematika materi aljabar serta mengukur tingkat kevalidan, keefekttifan, dan kepraktisan medianya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Untuk mengetahui tingkat kelayakan media dapat dilihat dari hasil validasi media dan angket respon siswa serta kuesioner yang dibagikan saat proses uji coba. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII-A SMP Negeri 10 Jakarta. Berdasarkan proses validasi yang telah dilakukan, diperoleh persentase sebesar 85% untuk validasi materi, 86% untuk validasi media, serta 95% untuk hasil angket respon kepraktisan siswa. Kemudian terdapat peningkatan dari hasil pretest dan posttest siswa dari rata-rata 4 ke 6 dan diperoleh hasil bahwa nilai signifikan yang dihitung menggunakan uji Paired T-Test sebesar 0,000 < 0,05. Maka ditolak dan diterima, artinya hipotesis menyatakan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif matematis siwa antara sebelum dan sesudah adanya pengembangan media pembelajaran interakrif berbasis web wordwall. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall valid, praktis, efektif, dan sangat layak dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika materi aljabar kelas VII-A SMP Negeri 10 Jakarta.Downloads
References
Ambarini, R., Setyaji, A., & Ayu Zahraini, D. (2018). Interactive Media in English for Math at Kindergarten: Supporting Learning, Language and Literacy with ICT.
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324–332.
Darouich, A., Khoukhi, F., & Douzi, K. (2017). Modelization of cognition, activity and motivation as indi-cators for Interactive Learning Environment. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 2(3), 520–531.
Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group.
Nissa, S
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.