PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ACTIVE LEARNING BERBANTUAN GAME INTERAKTIF KAHOOT PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI BANTUL TIMUR

Authors

  • Neni Imaniar Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Tri Hastutisujarwati PGSD FKIP Universitas Muhammdiyah Magelang
  • Rasidi PGSD FKIP Universitas Muhammdiyah Magelang
  • Tria Mardiana PGSD FKIP SD Bantul Timur

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan cacah menggunakan metode active learning berbantuan game interaktif kahoot pada peserta didik kelas V SD Negeri Bantul Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Bantul Timur yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode active learning berbantuan game interaktif kahoot meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan cacah di kelas V SD Negeri Bantul Timur. Hal ini dapat diketahui dari tahap pra-siklus presentase ketuntasan hasil belajarnya hanya 32% dan yang tidak tuntas sebesar 68%. Kemudian setelah diberikannya tindakan menggunakan metode active learning berbantuan game interaktif kahoot hasil belajar meningkat pada siklus I sebesar 60% dan yang tidak tuntas menurun menjadi 40%. Selanjutnya diberikan tindakan yang lebih baik di siklus II sehingga hasil belajar meningkat menjadi 92% dan yang tidak tuntas menurun menjadi 8% dari keseluruhan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, Vol. 4, No. 1, 1-11.

Bujuri, Dian A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 9, No.1, 37-50.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir. (2020). Kesulitan Guru pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 6, No. 1, 142-148.

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & YP, S. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3, No.1, 88-96.

Haryati, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MTsN Kuranji Padang. Ekasakti Educational Journal, Vol. 1, No. 2, 330-341.

Inanna. (2019). Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 27-33.

Indy, R., Waani, F., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Journal of Social and Culture, Vol. 12, No. 4, 1-18.

Istiqomah, I., Maulidiya, D., & Siagian, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 3, 374-383.

Kadi, T. (2021). Model dan Strategi Pembelajaran. Mojokerto: Al-Hikmah Pressindo.

Kosilah & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 6, 1139-1147.

Permatasari, K. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, Vol. 17, No. 1, 68-84.

Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Purwanto, M. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Active Learning pada Siswa Kelas V SD. Basic Education, Vol. 7, No. 36, 3571-3582.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Warsono, H., & Hariyanto, M. (2021). Pembelajaran Aktif “Teori dan Asesmen”. Bandung: Remaja Posdakarya.

Downloads

Published

2023-11-24