PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KONSEP DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23118Keywords:
Elementary School, Pancasila Education, Role Playing, Self-conceptAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran bermain peran terhadap konsep diri siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Tempak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini berjumlah 36 siswa yaitu 18 siswa kelas IV A dan 18 siswa kelas IV B, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes berupa angket bahwa kelas eksperimen memiliki nilai pretes dengan rata-rata 59,7 dan nilai postes dengan rata-rata 80. Selanjutnya pada kelas kontrol diperoleh nilai pretes rata-rata 58,5 dan nilai postes diperoleh 58. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hasil tes konsep diri pada kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Pada taraf ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model bermain peran terhadap konsep diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Tempak Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.Downloads
References
Acharya, H., Reddy, R., Hussein, A., & Pettit, T. (2018). The effectiveness of applied learning : an empirical evaluation using role playing in the classroom. Jurnal Of Research In Innovative Teaching & Learning, 12(3), 295–310. https://doi.org/10.1108/JRIT-06-2018-0013
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Mahpudin, & Priatin, S. (2020). Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 370–383.
Ambarwati, D. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 926–934.
Arnasih, W., & Hartaya, K. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Matematika dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalwaru 03 Ciampea. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 53–66.
Asri, D. N., & Sunarto. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja ( Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun ). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 1–11.
Astuti, R. D. (2014). Indentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Siswa Sekolah Dasar Negeri Mendungan 1 Yogyakarta.
Gunawan, P., Lasmawan, & Kertih. (2021). Kontribusi Konsep Diri, Disiplin Belajar dan Ekspektasi Karir Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 66–76. https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.424
Kukuh, F., & Linda, R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2222–2226.
Litaqia, W. (2022). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Anak Di Panti Asuhan Catur Dharma Pepabri Pontianak. Khatulistiwa Nursing Journal (KNJ), 4(1), 32–39. https://doi.org/10.53399/knj.v4i0.paperID
Magta, M. (2021). Peran komunikasi keluarga terhadap konsep diri. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2019). https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1070
Novita, L., & Sumiarsih. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(02), 92–96.
Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Konsep Diri SIswa Dalam Belajar. JIPPK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 215–219.
Nuswantari, N. (2018). Model Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi Untuk Anak Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1(3), 41–53. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2255
Rahmat, P. S. (2018). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Ruit, P., Geldens, J., Popeijus, H., & Veen, K. Van. (2021). The impact of working with core qualities on primary school pupils ’. International Journal of Educational Research Open, 2(October), 100083. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100083
Safitri, A. A., Qomario, & Agung, P. (2022). Hubungan Komunikasi Interpersonal Anak Dengan Orang Tua Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SD Negeri 1 Bandar Putih Tua Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan (JURIP), 1(2), 41–46.
Said, A., & Budimanjaya, A. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Kencana Prenada Media Group.
Sakti, H. G. (2022). Pengaruh bermain peran pada pengendalian diri siswa. Journal of Mandalika Literature, 3(1), 35–47.
Samiroh, & Muslimin, Z. I. (2015). Hubungan Natara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek pada Siswa-Siswi Mas Simbangkulon Bauran Pekalongan. PSIKIS (Jurnal Psikologi Islami), 1(2), 67–77.
Sholiha, & Aulia, L. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi, 7(1), 41–55.
Sulikhah, M. P., & Setyaputri, N. Y. (2023). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Teknik Sosiodrama. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 779–787.
Syahraeni, A. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 7(1), 61–76.
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.