PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Agnes Dwi Putri Universitas Negeri Padang
  • Nurhafizah Nurhafizah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10766

Keywords:

Metode Bermain Peran, Pengembangan Karakter, anak Taman kanak-kanak

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang dilakukan dimana bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap pengembangan karakter anak di taman kanak-kanak siti khadijah padang. Pendidikan dan pengembangan karakter merupakan aspek terpenting bagi anak usia dini sebelum mereka mempelajari dasar bersosialisasi dalam lingkungannya. Dengan adanya pengembangan karakter anak akan membawa anak ke tahap Pendidikan anak usia dini yang lebih tinggi. Karakter adalah tumpuan dan pijakan yang nantinya dapat diterapkan anak di kehidupannya. Selain itu jika perkembangan karakter anak sudah distimulasi dengan baik oleh orangtua di ruma, diharapkan nantinya anak memiliki kemampuan dalam bersikap dan berperilaku yang baik untuk anak usia dini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter dengan menggunakan metode bermain peran dikelas eksperimen terlihat varians dan N-gain untuk kelas eksperimen dalam penggunaan metode bermain peran dan kelas kontrol menggunakan metode bercerita adalah sama atau homogeny. Hasil diatas menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan dapat disimpulkan homogeny dan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran sangat berpengaruh untuk menstimulasi perkembangan karakter anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Widodo, Pendidikan Karakter : Strategi membangun karakter bangsa berperadaban (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012), hlm. 34.

Dadan, Suryana. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang. UNP Press Padang.

Fitriningsih. (2016). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah. Jurnal Musawa, 8 (1), hal. 55-68

Hajar, S. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 91.

Hamzah B. Uno (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Remaja Rosdakarya.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasi (Bandung: Alfabeta,2012), hlm.23

Hujair, S. (2013). Media Pembelajaran interaktif-inovatif. Yohyakarta : Kaukaba Dipantara

Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi Spss Dan Statcal: Sebuah Pengantar Untuk Kesehatan. Yayasan Kita menulis

Iskandar, Harris. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.

Latif dkk (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Maria Montessori, Metode Montessori: Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orangtua Didik PAUD(Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta:Pustakan Pelajar, 2013.

Mulyasa, Mnajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Muskibin, Imam. Buku Pintar PAUD (dalam Persspektif Islam). Yogyakarta: Laksana, 2010.

Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini:Pedagogi (Vol. 3, No. 3b) Hlm (103).

Nurhafizah dan Azlina Moh. Kosnin. (2015).Implementasi Permainan Tradisional Indonesia di taman kanak-kanak kota padang. Jurnal ilmiah ilmu Pendidikan: pedagogi (Vol. xv, No. 1) hlm ( 86-91).

Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Priyanto, Aris. (2014). Pengembangan kreatifitas pada anak usia dini melalui aktifitas bermain. Jurnal ilmia guru. Vol:1,no.2

Samino. (2010). Manajemen Pendidikan. Surakarta:Fairuz media.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Pt. Rajagrafindo Persada.

Sari, S.N., dan Chientya A.R.P (2022) Penggunaan Media Animasi Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Di Paud Kenanga. Research and Development Journal Of Education Vol. 8, No. 1, April 2022, Pp : 166 – 171.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara

Sukiman (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Suryana, Dadan. (2013) . Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press

Suyadi & Maulidya Ulfah, Konsep Dasar PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Tirtaraharja. (2005). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Depdikbud

Wati, U.Y.(2021). Implementasi Merdeka Belajar Di Paud: Penerbit Gava Media

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007

Downloads

Published

2023-11-05