PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10766Keywords:
Metode Bermain Peran, Pengembangan Karakter, anak Taman kanak-kanakAbstract
Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang dilakukan dimana bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap pengembangan karakter anak di taman kanak-kanak siti khadijah padang. Pendidikan dan pengembangan karakter merupakan aspek terpenting bagi anak usia dini sebelum mereka mempelajari dasar bersosialisasi dalam lingkungannya. Dengan adanya pengembangan karakter anak akan membawa anak ke tahap Pendidikan anak usia dini yang lebih tinggi. Karakter adalah tumpuan dan pijakan yang nantinya dapat diterapkan anak di kehidupannya. Selain itu jika perkembangan karakter anak sudah distimulasi dengan baik oleh orangtua di ruma, diharapkan nantinya anak memiliki kemampuan dalam bersikap dan berperilaku yang baik untuk anak usia dini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter dengan menggunakan metode bermain peran dikelas eksperimen terlihat varians dan N-gain untuk kelas eksperimen dalam penggunaan metode bermain peran dan kelas kontrol menggunakan metode bercerita adalah sama atau homogeny. Hasil diatas menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan dapat disimpulkan homogeny dan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran sangat berpengaruh untuk menstimulasi perkembangan karakter anak.Downloads
References
Agus Widodo, Pendidikan Karakter : Strategi membangun karakter bangsa berperadaban (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012), hlm. 34.
Dadan, Suryana. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang. UNP Press Padang.
Fitriningsih. (2016). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah. Jurnal Musawa, 8 (1), hal. 55-68
Hajar, S. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 91.
Hamzah B. Uno (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Remaja Rosdakarya.
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasi (Bandung: Alfabeta,2012), hlm.23
Hujair, S. (2013). Media Pembelajaran interaktif-inovatif. Yohyakarta : Kaukaba Dipantara
Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi Spss Dan Statcal: Sebuah Pengantar Untuk Kesehatan. Yayasan Kita menulis
Iskandar, Harris. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.
Latif dkk (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Maria Montessori, Metode Montessori: Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orangtua Didik PAUD(Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta:Pustakan Pelajar, 2013.
Mulyasa, Mnajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Muskibin, Imam. Buku Pintar PAUD (dalam Persspektif Islam). Yogyakarta: Laksana, 2010.
Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini:Pedagogi (Vol. 3, No. 3b) Hlm (103).
Nurhafizah dan Azlina Moh. Kosnin. (2015).Implementasi Permainan Tradisional Indonesia di taman kanak-kanak kota padang. Jurnal ilmiah ilmu Pendidikan: pedagogi (Vol. xv, No. 1) hlm ( 86-91).
Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Priyanto, Aris. (2014). Pengembangan kreatifitas pada anak usia dini melalui aktifitas bermain. Jurnal ilmia guru. Vol:1,no.2
Samino. (2010). Manajemen Pendidikan. Surakarta:Fairuz media.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Pt. Rajagrafindo Persada.
Sari, S.N., dan Chientya A.R.P (2022) Penggunaan Media Animasi Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Di Paud Kenanga. Research and Development Journal Of Education Vol. 8, No. 1, April 2022, Pp : 166 – 171.
Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara
Sukiman (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Suryana, Dadan. (2013) . Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press
Suyadi & Maulidya Ulfah, Konsep Dasar PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Tirtaraharja. (2005). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Depdikbud
Wati, U.Y.(2021). Implementasi Merdeka Belajar Di Paud: Penerbit Gava Media
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.