ANALISIS LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

Authors

  • Rahmahwati UPI
  • Intania Permatasari PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang
  • Ita Rustianti Ridwan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10659

Keywords:

Karakter, anak, keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting peranan lingkungan keluarga terhadap pendidikan karakter anak. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi literatur yakni mencari informasi atau data-data yang bersumber dari jurnal, artikel, internet, serta buku-buku yang releven dengan judul yang diangkat.  Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap pendidikan karakter anak. Yang mana lingkungan keluarga mempunyai peranan untuk membentuk karakter anak agar sesuai dengan nilai-nilai yang bersumber dari ajaran agama dan juga nilai yang berkembang pada lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015, Juni). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora,, 8(No. 1), 46-47. Retrieved Oktober 17, 2023, from https://core.ac.uk/download/pdf/290094495.pdf

Agustin, D. S., Suarmini, W. N., & Prabowo, S. (2015, Juni). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8, 48. Retrieved Oktober 17, 2023, from https://core.ac.uk/download/pdf/290094495.pdf

Ahmad, M. J., Adrian, H., & Arif, M. (2021). PENTINGNYA MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA. Jurnal Pendais, 15.

Angel, M. G. (2021, Desember 8). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Iman dan Karakter Anak. Retrieved Oktober 20, 2023, from ResearchGate: https://www.bing.com/ck/a?!&&p=36ba65dd431f6a05JmltdHM9MTY5NzY3MzYwMCZpZ3VpZD0xYTU5YTY2NS1kZTk0LTYxM2UtMDQyZi1iNDg4ZGY5NTYwMWImaW5zaWQ9NTE3Mw&ptn=3&hsh=3&fclid=1a59a665-de94-613e-042f-b488df95601b&psq=%3a+Mia+Grace+Angel+Peran+Orang+Tua+dalam+Pembentukan+

Basri, H. (1999). In Keluarga Sakina Tinjauan Psikologi dan Agama (edisi empat). Yogyakarta: Pustakan Pelajar.

BPK, S. J. (n.d.). Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025. Retrieved from JDIH BPK RI: https://peraturan.bpk.go.id/Details/39830/uu-no-17-tahun-2007

Dwi Muya Syaroh,, L., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMANegeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 63-82.

Elkind, D., & Sweet, F. (2021, December 10). Opini: Pendidikan Karakter bagi Remaja. (A. R. Berliana, Editor, & Kompasiana) Retrieved Oktober 20, 2023, from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/auliarisa/61b2532175ead629db6b63a2/opini-pendidikan-karakter-bagi-remaja

Fadilah, Rabi'ah, Alim, S. W., Zumrudiana, A., Baidawi, A., & Elisanti, A. D. (2021). Pendidikan Karakter. In Pendidikan Karakter (pp. 5-8). Kecamatan Kapas Bojonegoro - Jawa Timur: CV. AGRAPANA MEDIA.

Fadilah, Rabi'ah, Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Daidawi, A., & Elisanyi, A. D. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER. Jawa Timur: CV. AGRAPANA MEDIA.

Fadlillah, M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzman.

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwanti. (2021). Tinjau Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pembentukan Karakter. Jurnal BasicEdu: Research & Learning in Elementary Education, 5, 1771. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014

Hufad, A. (2015). Keluarga Dan Pendidikan Keluarga: Tinjau Sosiologi Agama. AnZDoc, 2-4.

Iqbal, M. (2023, Juni 5). Pendidikan Karakter Anak, Bermula dari Lingkungan Keluarga. Retrieved from Jurnalpost.com: https://jurnalpost.com/pendidikan-karakter-anak-bermula-dari-lingkungan-keluarga/51615/

kemdikbud. (n.d.). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. Retrieved from jdih. kemdikbud. go. id: https://www.bing.com/ck/a?!&&p=ee8d414a81d74a94JmltdHM9MTY5NzQxNDQwMCZpZ3VpZD0xYTU5YTY2NS1kZTk0LTYxM2UtMDQyZi1iNDg4ZGY5NTYwMWImaW5zaWQ9NTIyNQ&ptn=3&hsh=3&fclid=1a59a665-de94-613e-042f-b488df95601b&psq=uu+no+20+tahun+2003&u=a1aHR0cHM6Ly9qZGloLmtlbWRpa2J1ZC

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Bagaimana Membantu Anak mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas dan Kebajikan lainnya . Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. (2016). Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved Oktober 21, 2023

Makhmudah, S. (n.d.). PENGUATAN PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Mrtabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 277-279.

Megawangi, R. (2003). Pendidikan Yang Patut dan menyenangkan. Jakarta: Indonesia: Heritage Foundation.

Nova, D. D., & Widyastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transfortasi Umum. Jurnal Comm-edu, 113-118.

Omeri, N. (2015). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. ejournal. unib. ac. id.

Patching, K. (2007). Leadership, Character, and Strategy. New York: Palgrave.

Prastowo, A. (2011). Seavrek Perilaku/ Sikap Orang Tua Yang Harus di Hindari Terhadap Anak. Jogjakarta: Buku Biru. Retrieved Oktober 20, 2023

Pratama, E. D. (2018). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 2 Pengasih. eprints. uny.

Raudhoh. (2017). PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Harkat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak, II(1), 97. Retrieved Oktober 15, 2023

Raudhoh. (2017). PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Harkat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak, 100-101.

Rindawan, K. I., Purana, I. M., & Siham, F. K. (2020, September). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karaker Disiplin pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. JURNAL PACRA SUNT SERVANDA, 1(1). Retrieved october 15, 2023, from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JPSS

Ryan, & Bohlin. (1999).

Sanderan, R. (2020). Heristika dalam pendidikan karaketr manusia Toraja Tradisional. jurnalbia.com. Retrieved October 20, 2023, from https://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/213

Solikan. (2012). Prinsip dan Tujuan Pendidikan Karakter.

Subianto, J. (2013). Manajemen Internalisasi Nilai Karakter Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. kemdikbud. go. id, 11.

Suharman. (2017). Faktor Determinan Akhlak Remaja. Jurnal Conciencia, 18.2, 70-98.

Supriyanto, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. In P. K. Milenial, Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Supriyono, Iskandar, H., & Gutama. (2015). In P. K. Bangsa. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Suyanto, Ph, D. (2010). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Anais. ac. id, 416.

Syarbini, A. (2013). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga.

T, R. (2021, Desember 10). Opini: Pendidikan Karakter bagi Remaja. (A. R. Berliana, Editor, & Kompasiana) Retrieved Oktober 20, 2023, from Kompasana: https://www.kompasiana.com/auliarisa/61b2532175ead629db6b63a2/opini-pendidikan-karakter-bagi-remaja

Zubaedi. (2011). DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Cetakan ke-2.

Downloads

Published

2023-12-07