MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PATRI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aldi Universitas Lambung Mangkurat
  • Ratna Purwanti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10630

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Model PATRI

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan PPKN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas pembelajaran melalui aktivitas guru dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SDN TANJUNG PAGAR 3 berjumlah 36 orang siswa terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Informasi yang dikumpulkan adalah informasi kualitatif yang diperoleh dari melihat guru dan siswa beraksi, diikuti dengan informasi kuantitatif hasil belajar siswa yang diperoleh melalui diskusi kelas dan ujian tertulis. Studi ini menunjukkan bahwa kriteria sangat baik digunakan untuk melaksanakan kegiatan instruktur. Kegiatan siswa tradisional dan individu cukup sibuk. Hasil belajar siswa secara individual dan tradisional memenuhi tingkat ketuntasan yang dipersyaratkan yaitu 70. Berdasarkan data temuan dan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran PATRI (Problem Based Learning, Think Pair Share, Course Review Horay) mampu memberikan peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto, Andi Prastowo, & R. A. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Ananda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 01, 25.

Apriyanti, T. (2021). Volume 1 Nomor 2 2021. 1, 90–111. https://scholar.archive.org/work/fqmqf7l4b5dlbjftsekcp7fxx4/access/wayback/https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee/article/download/4659/2088

Ariani, L. (2019). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Pape, Banjarmasin, 13, 103–110.

Arikunto, S., Suhardjono, & S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Aslamiah, & Riandy, A. A. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan Ipa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5B Sdn Sungai Miai 7. Jurnal Paradigma, 10(1), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Camangian, P., & Cariaga, S. (2022). Social and emotional learning is hegemonic miseducation: students deserve humanization instead. Race Ethnicity and Education, 25(7), 901–921. https://doi.org/10.1080/13613324.2020.1798374

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. 5(1), 100–108.

Mantiri, J. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Meri, S. (2018). Democratic Values, Internalization, PPKn Learning. 5(10), 1–17.

Muis Vangino Daeng Pawero, A. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Rouf, A. dan R. L. (2018). Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula, 3(2), 20.

Sisca. (2021). Manajemen Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Suliswiyadi, S. (2020). Hierarki Ranah Pembelajaran Afektif Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Taksonomi Qur’ani. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 61–76. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3451

Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhapizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Suriansyah, A., Aslamiah, & Sulistiyana. (2015). Profesi Kependidikan Perspektif Guru Profesional. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TApZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Jenis+penelitian+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+yakni+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK).+Penelitian+tindakan+kelas+merupakan+bentuk+penelitian+refleksi+diri+yang+dilakukan+oleh+partisipan+dalam+situasi+sosial+salah+satunya+yaitu+pendidikan+untuk+memperba&ots=aWoAXR0UNC&sig=UEB4f7penfQsS-5GF5u4p0YObEg&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. December 2016.

Downloads

Published

2023-11-03